2

15 Tips Membeli Laptop Bekas Segala Merek 2016

15 tips membeli laptop bekas segala merek 2016 pada dasarnya mudah saja jika sudah mengetahui cara-caranya. Ketika ingin membeli laptop baru saya pikir tak perlu detail disampaikan di sini selain ada garansi resmi dari tokonya. Akan tetapi jika memutuskan ingin membeli laptop dengan anggaran ekonomis tentunya jatuh pada laptop bekas. Namun pengetahuan tips memilih laptop bekas segala merek 2016 setidaknya menurut saya harus memenuhi kriteria seperti di bawah ini:

Panduan Cek Membeli Laptop Bekas

  1. Cek Merek / Brand terkenal walau masih menjadi incaran pasar setidaknya kualitas secara absolute adalah diharuskan. Selain nilai sale-back atau jual kembali masih dibutuhkan banyak orang. Namun hal ini juga bukanlah ukuran yang harus sangat ditaati tetapi sekedar saran menurut saya.

  2. Cek kondisi layar. Warna background layar laptop / netbook seperti misalnya gambar artis, gambar game background, gambar pemandangan alam pertama mungkin anda terkesima. Tapi tunggu dulu apakah dibalik itu ada cacat yang disembunyikan. Cobalah mengganti background desktopnya dengan warna solid hitam. Jika itu windows 7 atau windows 8, windows 10 atau windows xp sekalipun mintalah merubah background desktopnya dengan warna solid hitam. Nah lihatlah setelah diganti background dekstopnya menjadi hitam apakah ada semacam titik menyala pada layar ? jika ada itu biasanya dinamakan dengan “dead pixel”. Selain itu masuk ke windows explorer, atau buka microsoft word yang intinya layar background putih akan nampak. Perhatikan apakah layar laptop / netbooknya ada semacam bercak putih semacam panu jika istilahnya begitu,

  3. Cek Battery Laptop. Ketika anda charge apakah benar-benar proses pengisian battery terisi dengan baik dan bukan not charging. Not charging bisa jadi batterynya tidak bisa di isi atau mungkin adaptor tidak cocok. Pastikan battery pada laptop / netbook yang hendak anda beli benar-benar tidak bermasalah pada proses chargingnya hingga mencapai 100% Full Charge.

  4. Cek Battery Laptop / Netbook apakah drop alias battery nya cepat habis terkuras. Walau battery laptop / netbook dapat dicharge hingga 100% langkah pastinya gunakan laptop tersebut misalnya untuk mengetik atau sekedar explorasi data dan lain-lain minimal selama 15 menit saja. Dan perhatikan apakah persentase battery dari 100% tadi baru dipakai 15 menit tetapi status persentasenya cepat sekali menurun misalnya mencapai 40%. Jangan membeli laptop / netbook dengan kondisi battery drop kecuali anda tidak teliti.

  5. Cek Tanggal dan Waktu. Perhatikan tanggal dan jam pada bagian bawah kanan pojok apakah sesuai saat ini. Jika tidak kemungkinan battery cmos pada laptop sudah habis.

  6. Cek Keyboard. Cek kiboard laptop menurut saya paling mudah adalah mencoba mengetiknya pada microsoft word dan mulailah mencoba setiap huruf dan angka pada keyboard tersebut. Walau ada software untuk mengecek tombol keyboard laptop namun tetaplah cek apakah ada salah satu atau beberapa keyboard sulit ditekan atau tidak  berfungsi. Cek semua tombol-tombolnya beserta huruf dan angkanya termasuk tanda panah atas, bawah, kiri dan kanan. Jangan terburu pada saat mengecek kondisi keyboard ini. Cek juga tombol fungsi Fn dengan tombol lainnya misalnya tombol Fn dengan  tombol pengatur kecerahan layar apakah tombol yang dikombinasikannya dengang tombol Fn tadi berfungsi.

  7. Cek driver camera. Apabila hendak mengecek camera pada laptop / netbook jika ada maka bukalah dengan mencobanya. Bila si penjual mengatakan belum sempat mengecek drivernya maka ada kemungkinan memang belum di install driver cameranya atau memang bermaksud lain dalam tanda kutip misalnya tidak jujur, bahwa camera mungkin saja rusak alias tidak berfungsi.

  8. Cek DVDRW pada laptop dan netbook jika tersedia. Untuk mengecek kondisi optik dvdrw yang pada laptop masukan saja kepingan cd / dvd yang sudah berisi data-data di dalamnya. Gampangnya masukan saja cd / dvd film untuk mengecek apakah dvdrw pada laptop masih berfungsi.

  9. Cek Port USB. Port USB sangat diperlukan manakala memerlukan tambahan input untuk membaca drive usb modem, usb flashdisk pastikan semua port usb tersebut benar-benar semuanya berfungsi.

  10. Cek kondisi hardisk apakah terdapat bad sector. Terhadap masalah ini anda memerlukan software semisal contoh “crystalDiskInfo” atau juga bisa mencoba software “Hardisk Sentinel” ini bisa anda siapkan dalam flashdisk ketika hendak mencoba kondisi hardisk pada laptop yang hendak anda beli. Lihat keterangan tentang mengetahui apakah hardisk bad sector atau tidak dengan mengunjungi laman ini. Hardisk dengan kondisi bad sector sangat riskan dan bisa memperlambat proses kerja hardisk itu sendiri sehingga laptop digunakan akan terasa lambat sekali.

  11. Cek Perangkat Wifi. Membeli laptop pasti juga memikirkan cara dapat akses internet gratis tentunya laptop anda harus ada piranti Wifinya.  Jika tidak ada akses hotspot internet ketika akan dicoba mudah saja gunakan hape android anda untuk mengaktifkan modul wifi yang tersedia pada hape atau tabled android anda. Cek apakah wifi pada laptop tersebut bisa menangkap sinyal dari hape android anda? jika tidak bisa berfungsi tanyakan kepada pemiliknya (penjualnya).

  12. Cek Speaker. Penting untuk mengecek speaker laptop biasanya terdapat pada bagian kiri dan kanan. Gunakan program pemutar audio mp3 misalnya Winamp di situ ada fasilitas cek sound speaker left dan right yang bisa digeser pada bagian atasnya. Pilih salah satu file lagu dan dengarkan sambil cek speaker menggerakan suara speaker bagian kiri dan kanan apakah keduanya menghasilkan suara yang cukup terdengar. Bila salah satu bagian speaker apakah kiri atau kanan yang tidak mengeluarkan bunyi ketika file mp3 dimainkan, maka berarti salah satu speaker kiri atau kanan ada yang tidak berfungsi.

  13. Cek Area Mouse Pad pada Laptop. Ini juga penting selain dapat mengecek fungsi tombol klik kanan dan klik kiri. Gerakan tangan pada area mouse pad pada laptop apakah pergerakan mouse nya normal atau tidak. Jika tidak normal pertimbangkan untuk membelinya.

  14. Cek Suhu pada Laptop. Jika hampir seluruh bagian laptop atau netbook ternyata panas berlebihan hingga pada badan area mouse pad bila disentuh tangan akan terasa panas sekali. Bila ini terjadi kemungkinan ada masalah pada bagian mesin laptop. Pertimbangkan untuk membelinya.

  15. Cek Garansi. Membeli laptop bekas tetap saja ada garansinya minimal garansi toko. Jika garansi personal biasanya kurang dari 7 hari. Sedang garansi toko membeli laptop bekas bisa sampai 30 hari dari tanggal pembelian. Jenis garansi tentunya berbeda-beda dan lebih bijak anda tanyakan terlebih dahulu garansi apa saja yang diberikan oleh penjual laptop / netbook bekas di toko tempat anda membeli. Tentunya ada surat perjanjian / nota kesepakatan sekaligus nota pembelian tertulis lama garansinya.

Itulah panduan dalam 15 tips membeli laptop bekas segala merek 2016 atau netbook bekas yang menurut saya sudah lengkap untuk mendapatkan laptop atau netbook bekas. Pada prinsipnya setiap toko mempunyai standarisasi dalam hal jual – beli laptop.

Hak Konsumen adalah Raja

Sebagi konsumen wajib memperhatikan barang yang akan dibelinya supaya dikemudian hari tidak mendapatkan kekecewaan. Konsumen yang baik tentunya mempunyai sikap bijak dalam membeli sesuatu barang termasuk membeli laptop atau netbook. Kondisi laptop atau netbook bekas bukan berarti tidak dapat kita temukan kondisi yang terbaik. Kadangkala ada selingan kata mungkin dari sang penjual kalo cari laptop yang bekas tidak ada sempurna atau bagus seperti yang diinginkan. Percayalah itu sebagai kata trik dari penjual.

Tidak semua pembeli memerlukan kondisi tertentu dalam membeli laptop atau netbook. Meskipun tanpa battery laptop masih saja sebagian orang mau membelinya. Jadi semua ini adalah kebijakan masing-masing dalam menilai 15 15 tips membeli laptop bekas segala merek 2016 atau netbook bekas tanpa kecewa.

Cara-cek-keyboard-laptop-manual

 Gambar : Cara Cek Keyboard Laptop Manual dengan MS.Word / Notepad

Telah dibaca : 8115 kali

admin_kencanaku

2 Comments

    • jika beli secara online kemungkinan buruknya penjual tidak menyebut suatu kondisi yang tidak dijelaskan hal ini biasanya membeli dalam kondisi second. Sedangkan membeli laptop secara online dengan produk new (not second) pasti ada garansinya. Hanya saja cukup repot ada dana tersendiri bea ongkir pengiriman ke alamat toko / si penjual jika melakukan claim garansi.

      Jika ada toko laptop yang komplet dan kredibel di wilayah kamu, tak ada salahnya mencoba. Bisa ketemu langsung dan dapat bertanya secara lengkap detail barang yang akan dibelinya. Selain itu jarak dekat. Harga di toko online mungkin saja lebih murah namun setelah dihitung-hitung ternyata lebih mahal bila ada masalah. Semoga memberikan inspirasi.

      Toko online seperti bhinneka, lazada, bukalapak, tokopedia dan sebagainya masing-masing mempunyai kredibel tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *