0

5 Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer.

Untuk membuat suatu jaringan komputer baik itu di kantor ataupun di dalam rumah terlebih dahulu harus mengenali perangkat keras jaringan komputer itu sendiri serta secara fungsinya.

Kenapa harus mengerti akan fungsi dari perangkat keras jaringan komputer itu? perangkat keras jaringan komputer merupakan sarana dan prasarana untuk membangun suatu jaringan komputer baik itu skala kecil maupun besar agar dengan adanya jaringan komputer terdapat tujuan dicapai untuk transportasi data baik secara offline maupun online.

Sebagai gambaran saja kepada seorang yang belum memiliki pengetahuan tentang jaringan komputer atau belum membangun suatu jaringan komputer di ruangan yang mempunyai lebih dari 2 komputer dan dalam pekerjaan sehari-harinya perlu melakukan penukaran data atau pemindahan data. Bila secara manual mungkin hanya dengan menggunakan storage seperti USB Flashdisk, Eksternal Hardisk dengan cara melakukan penyalinan data kemudian di pindahkan / di salin pada komputer lain.

Hal tersebut jika dilakukan berkali-kali dalam sehari, seminggu, berbulan-bulan maka dapat dikatakan pekerjaan menukar, menyalin data secara manual seperti itu akan menjadi monoton, tidak efisien, tidak hemat waktu, potensi merusak storage usb flashdisk maupun eksternal hardisk. Semakin dipindah-pindah, plug in dan unplug in bisa saja fatal error pada kondisi kedua storage itu terjadi.

Lebih tidak efisien lagi jika seorang akan mencetak lembar kerja bila perangkat keras komputer seperti printer dipindah kabel datanya ke komputer yang akan melakukan proses cetak print. Bisa jadi pula karena jarak printer berada dalam jangkauan meter si pelaku yang akan mencetak lembar kerjanya harus rela menyalin data terlebih dahulu ke storage usb flashdisk lalu kemudian membuka data salinan untuk dicetak lembar kerjanya pada komputer yang terdapat printernya.

Luar biasa repot dan tidak efisien bukan ? saya yakin semua orang ingin melakukan suatu pekerjaan agar cepat  selesai sesuai yang diinginkan tanpa harus repot melakukan prosedur yang menyita waktu.

Kenali Perangkat Keras Jaringan Komputer.

Untuk melakukan proses kerja yang bertujuan efisien mungkin terhadap penggunaan komputer dan penukaran data haruslah dilakukan perubahan pola model kerja dengan menggunakan perangkat keras jaringan komputer.

Meninggalkan pola kerja yang lambat dan sangat tidak efisien sangat perlu dilakukan dengan memaksimalkan perangkat komputer dan jaringan komputer agar tujuan proses kerja yang cepat, tepat dan benar serta efisien dapat tercapai. Selain mempercepat proses kerja, maka pekerjaan lain menunggu akan bisa pula mencapai target proses selesainya.

Inilah 5 perangkat kerjas jaringan komputer yang harus kita ketahui terlebih khusus kepada orang yang akan melakukan membangun jaringan komputer entah itu di kantor maupun di dalam rumah sendiri. Perangkat keras jaringan komputer tersebut diantara lain :

  1. Komputer Server. Komputer yang dikhususkan sebagai server / pusat jaringan
  2. Komputer Client (work station). Komputer yang berhubungan dengan server seperti komputer yang dipakai tiap divisi / bagian dalam suatu kantor.
  3. LAN Card baik integrated pada motherboard atau menggunakan LAN Card eksternal.

  4. Hub Port adalah perangkat keras jaringan komputer yang terdiri dari mulai 4 port, 8 port, 16 port bahkan sampai 24 ports untuk menerima kabel jaringan komputer tertancap pada tiap port yang ada pada hub port.

  5. ADSL Router. Ini berfungsi bisa sebagai gateway atau jalan untuk menuju koneksi online seperti internet. Dalam ADSL Router ini terdapat port kabel jaringan juga tersedia port untuk sambungan telepon untuk akses online seperti Telkom Speedy. Beda dengan hub port yang hanya menyediakan port kabel lan jaringan saja.

Ke lima perangkat keras jaringan komputer yang sudah disebutkan diatas adalah perangkat keras jaringan komputer secara umum dan baku. Artinya ke lima perangkat keras jaringan komputer tersebut sudah cukup untuk membangun jaringan komputer secara nirkabel  atau kasatnya secara perkabelan untuk melakukan transportasi penukaran data secara jaringan atau istilah lainnya  disebut “Networking”.

Contoh Kongkret Fungsi Jaringan Komputer

Contoh kongkret penggunaan fasilitas jaringan komputer secara offline (dalam area tempat kerja). Semisal Divisi Marketing menginginkan data laporan dari Divisi Keuangan maka Divisi Marketing tak perlu mengangkat telpon di mejanya untuk menghubungi Divisi Keuangan,  cukup dengan membuka data komputer Divisi Keuangan secara jaringan (networking) dari tempat  meja kerjanya terhadap file / data yang diijinkan untuk dibuka bagian divisi marketing.

Contoh lain dengan kemudahan fasilitas jaringan komputer seorang bagian akuntansi misalnya dapat  membuka program akuntansi yang terintegrasi pada komputer server lalu data laporan akuntansinya dapat disimpan di komputer bagian akuntansi itu sendiri.

Dengan menggunakan perangkat keras komputer jaringan hingga membentuk suatu proses kerja melalui fasilitas komputer dan jaringan maka segala bentuk kemudahan pekerjaan yang berkenaan dengan transportasi data dan lain-lain sudah barang tentu memberikan bukti mempercepat dan memudahkan proses kerja itu sendiri.

Kenali 5 perangkat keras jaringan komputer merupakan uraian singkat yang bertujuan untuk memberikan satu manfaat dan beribu manfaat jika digunakan secara maksimal terhadap kegunaan perangkat keras jaringan komputer.  Semoga bermanfaat.

Telah dibaca : 1478 kali

admin_kencanaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *