104

CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

Cara ampuh perbaiki hard disk bad sector yaitu dengan cara cek langsung secara software. Tidak perlu mencopot hardisk lalu menggoyang-goyangkan hardisk apakah bunyi atau tidak. Hal seperti itu banyak dilakukan sebagian orang. Jangan persimis dahulu ketika hard disk ternyata mengalami Bad Sector. Berapapun ukuran hard disk dimungkinkan bisa mengalami crash, bad sector karena diakibatkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui tanda hard disk telah mengalamai bad sector dapat diperkirakan / dirasakan secara langsung sebagai berikut :

1. Kinerja komputer lambat saat akses data
2. Menjalankan program menjadi lambat dari biasanya
3. Proses eksplore data mengalami perlambatan seperti klik kanan, copy file, pindah file dll.

Ada dua jenis kerusakan bad sector hard disk yaitu secara software dan hardware. Bila kerusakan hanya dikarenakan secara software saja ini lebih baik diutamakan dan diusahakan perbaikan secara software. Namun jika ternyata hard disk bad sector karena hardware misalnya hardisk terjatuh, masalah kelistrikan, hard disk tidak terdetek, tidak dikenali, hilangnya ukuran pembacaan hardisk dan lain-lain, maka itu lebih baik ditangani oleh Jasa Ahli Hardisk jangan mencoba buka isi hard disk tersebut sebelum diperiksa oleh Jasa Ahli Hardisk yang banyak ditemui iklannya di internet atau di kota anda terdekat jika ada. Pastikan jasa Ahli Hard Disk yang dituju adalah benar-benar jasa yang berpengalaman dan ahli di bidang terkait.

Sedangkan untuk mengetahui secara langsung apakah hard disk telah mengalami bad sector yaitu dengan menggunakan software tool untuk cek kesehatan hard disk. Untuk hal ini saya menggunakan software seperti berikut ini :

Software Cek Bad Sector Hard Disk

1. Crystal DiskInfo
2. Hard Disk Sentinel

Dan untuk memperbaiki kasus hard disk positif terkena bad sector setelah menggunakan salah satu software cek bad sector hard disk, selanjutnya gunakan software perbaikan bad sector hard disk yaitu HDD Regenerator. Gunakan yang Full Version agar proses perbaikan bad sector tanpa kendala.
Software HDD Regenerator

Software untuk perbaikan hardisk bad sector ini diklaim oleh pembuat software HDD Regenerator yaitu Dmitriy Primochenko asal negara Rusia ini selama menggunakan software ini data tidak akan hilang dan hanya memberi tanda bad sector pada hardisk untuk kemudian di repair kemudian pindahkan ke sector yang tidak terpakai. Proses perbaikan bad sector bisa memakan waktu berjam-jam bahkan hingga 2 hari jika anda sanggup menunggunya.

“HDD Regenerator allows to repair bad sector on damaged hard disk drives without losses of the existing data. It supports many types hard drives and can be used with any file system including FAT, NTFS, ext3, hfs+, etc. Unformatted and Unpartitioned disks are also supported”.

Cara Menjalankan Software HDD Regenerator

Setelah yakin bahwa hard disk telah terkena bad sector dengan menggunakan dua software yang saya sarankan (Crystal DiskInfo dan Hard Disk Sentinel) saatnya persiapan perbaikan hard disk bad sector secara software. Jika bad yang ditandakan kuning oleh Crystal Disk Info maka itu sebagai tanda kerusakan secara software dan gunakan HDD Regenerator, namun jika tanda bad sector dikenali oleh Crystal DiskInfo dengan warna merah itu artinya kerusakan berat. Sebaiknya ambil datanya saja tidak perlu diperbaiki karena akan membuang waktu puluhan jam bahkan berhari-hari.
Install dahulu HDD Regenerator versi windows (saya menggunakan versi 1.7.1), setelah itu jalankan pada windows. Gambar tampilan biasanya seperti ini :

Cara-Pakai-Software-HDD-Regenerator-1.7.1

Idealnya hard disk yang bad sector tersebut diletakkan sebagai hardisk ke 2 (secondary) hal ini dilakukan agar proses perbaikan bad sector diharapkan dapat bekerja secara optimal.
Selanjutnya klik :
1. Regeneration –>  Start Process Under Windows
2. Choose Drive to Process (pilih drive yang akan diproses)
3. Start Process
Setelah langkah no 3 (Start Process) muncul menu selanjutnya sebagai berikut:

Proses Berjalan Repair Hard Disk Bad Sector

Gambar Proses Persiapan Repair Bad Sector

Pada gambar tersebut hard disk yang akan di repair bad sector adalah berukuran 500 gb merek Seagate ST3500. Selanjutnya pilih :

1. Scan and Repair
2. Isikan nominal megabyte (mb) : isikan 10 dan tekan M
3. Biarkan proses berjalan proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Proses Repair Bad Sector Hardisk sudah 9 jam lebih

Proses Repair Bad Sector sudah berjalan 9 jam (lihat pojok kanan atas)

Sebaiknya proses repair hard disk bad sector dilakukan pada waktu yang tepat tanpa banyak kendala diperkirakan datang. Mungkin lebih enjoy jika dilakukan tengah malam setelah terbangun akhirnya proses sudah selesai.
Proses yang saya kerjakan ini ternyata membutuhkan waktu sekitar 9 jam lebih, Dan hasilnya memuaskan dan pekerjaan melakukan repair hard disk bad sector ini tidak sia-sia. Itulah cara ampuh memperbaiki hard disk bad sector. Semoga bermanfaat. Silahkan beri komentar seputar masalah bad sector ini.

Telah dibaca : 52303 kali

admin_kencanaku

104 Comments

  1. Mas, saya sedang memakai software ini pada hardisk eksternal 500gb yang bad sector
    Sudah 16 jam proses regenerate belum selesai
    Jika saya cancel, apakah data yang di dalam hardisk tsb hilang? Apakah hardisk tsb bertambah rusak jika saya cancel proses regenerate nya?

    • sebaiknya jangan di cancel apalagi sudah proses berjalan sudah 16 jam. Sesuai claim pembuatnya (program HDDReg) selama dan proses perbaikan bad sector data dijamin tidak hilang. Coba kamu temukan claim itu dalam artikel yang terkait. Semangat, memang proses ini membutuhkan kesabaran personal. terima kasih sudah berkunjung.

  2. Admin saya pake hdd toshiba 1TB. Dicek pake hdd sentinel healthnya 52% dan saya bypass sehingga jadi 100% kembali. Apakah jika saya menggunakan hdd regenerator bagian bad sector bisa ditemukan dan diperbaiki walaupun sebelumnya sudah saya bypass? Makasih

    • Untuk ukuran hardisk 1TB sarannya menggunakan HDDReg Pro, bukan yang biasa. Cuma cari software HDDReg Pro agak sulit gratisannya he.he.he. Fungsi software HRR Reg itu memindahkan file yang berada di sector yang bad, kemudian olehnya diperbaiki sector tersebut hanya saja setelah itu dipindahkan ke sector lain yang dianggp aman oleh HDD Reg. Saran sebaiknya tidak perlu di bypass, nanti badsector searching banyak yang terlewat. Nah begitu ya semoga berhasil.

    • Halo mas Diel, ada beberapa kemungkinan hardisk tidak kebaca di disk management (windows) biasanya masalah partisi yang tidak sempurna. Di menu Disk Management coba cek partition yang belum ke detek lalu aktifkan. Jika tidak bisa gunakan EASUS Partition Manager. Oke semoga membantu.

    • Has mas Diel, ane lupa jawab maaf. Masalah tidak deteck di disk management itu masalah klasik, biasaya masalah partisi yang belum sempat di format, atau diaktifkan. Untuk lebih detainya coba pake EASUS PARTITION MANAGER disitu kamu bakal tahu mana partisi yang sudah aktif dan belum aktif. Oke Semoga membantu ya. Maaf Lama tidak menjawab.

  3. min hdd 1 saya 931 gb sudah 10 jam saya regenerating tapi blm ada selesai juga bad sectornya udh mencapai 2000…
    ada solusi lain gak min agar cepat,,,
    dan jika saya stop d pertenghann apkah ada dampaknya?

    • Itu sudah parah sekali bro Coky solusinya ya sabar di tunggu, kemarin saya nanganin hardisk super penting saja ampe 2 hari non stop. Tapi karena itu permintaan sang pengorder katanya datanya sangat penting katanya, alhamdulillah akhirnya sukses juga dengan HDD Regerator 1.7. Kalo g begitu penting relakan saja data-data di hardisk yang rusak itu. Oke.

  4. Pak saya beli hardis serken di toko komputer 500bg 300rb di iklan sentinel 100% health 80%, tapi kok loading dan copy terasa lambat ya pak. Kata teman saya ketipu, paling itu hardis sudah di baypass, paling aslinya health cuma 10% ato 0%. Alamaaak… Bisa gitu ya pak? trus gimana caranya kita tau bahwa hardis sudah di baypass apa belum, biar gak dikadalin sama penjualnya..

    • Hai Ratna, kalo di Sentinel Health 100% itu artinya hardisk dapat diakses secara 100% namun berhubung kesehatannya hanya 80% itu berdasar report dari Sentinel Tools yang kamu pakai. Coba juga Tools lain yang berkaitan untuk perbaikan hardisk. Seperti SpinRite 6.0, CrystalDiskInfo dll. Kalo kasus parah sekali cobalah pakai SpinRite 6.0. Caranya gampang ndak usah repot ini sudah di by pass apa belum. Pada waktu beli hardisk minta di test seperti : copy file ukuran kecil dan besar (lambat sekali prosesnya gak usah dibeli deh, atau saat di format menggunakan MSDOS (versi dos) prosesnya lama atau tidak ? jika lama nggak usah dibeli. Orang yang sudah by pass nggak bisa nipu untuk proses testing hardisk tersebut. Ok Ratna terima sudah mampir.

  5. Min saya mau tanya. Laptop sy sudah sy pakai 1 thn lebih 2 bln dan pemakaiannya sangat normal tp tiba2 hr Selasa kmrn laptop sy sempat sedikit terbentur dan saat sy hidupkan laptopnya muncul bacaan reboot and select proper device itu trus sy matikan dan setelah bbrp jam sy hidupkan lg dan hidup kembali tp sampai skg msh kadang error begitu lg saat mau dihidupkan. Lalu saat bs dihidupkan kmrn sy sempat coba cek hardisk dg cek dg cara klik command promptu dan hasilnya 4kb di bad sector, kira2 hardisk sy bermasalah secara software atau hardware ya min? Padahal selama ini pemakaiannya sgt normal dan gaada kelambatan sm sekali, baik2 aja. Sy pakai windows 10 min

    • Hai Cece maaf terlambat respon. “reboot and select proper device” biasanya masalah pendeteksian system bios gagal mendeteksi koneksi hardware hard drive. kuncinya copot hard drive (hardisk tersebut) lalu cek koneksitas penghubung ke hardisk laptop tersebut. Coba pasang kembali dan perhatikan apakah masih muncul pesan reboot and select proper device? biasanya tidak muncul lagi. Namun jika tetap muncul lagi, cek prioritas boot device di bios. kalo bad sector hanya 4kb bila digunakan HDD Regenerator 1.7 seperti artikel ini, setelah sesuai prosedur proses perbaikan, maka bad sector 4kb akan cepat diperbaiki dan diletakan pada sector yang aman. Itu hanya software saja.

  6. mas, hardisk eksternal saya udh di cek, hasilnya health nya cuman 8%, masih ketolong gak ya?

    • selama masih detek dapat dimungkinkan di repair oleh HDD Regenerator, masalah health hanya 8% itu sekedar peringatan saja oleh software Hardisk Sentinel, artinya sudah mendekati kerusakan yang parah secara kesehatan hardisknya, sedang HDD Reg tidak perduli berapapun persentase kerusakan, dia hanya mengupayakan perbaikan bad sector dipulihkan fungsi pembacaan sector hardisk agar masih dapat digunakan serta memindahkan bad sector ke sector yang aman.

  7. Reallocated Sector Count itu apa ya min??? soalnya itu biang bkin laptop ane crash mulu.apakah bisa normal lgi kalau pke hdd regenerator???? thanks

    • Hai Zidan, reallocated sector count itu mengartikan proses merelokasi sector demi sector sedang dalam proses, begitu juga pola penghitungan berapa banyak bad sector yang ditemukan. Jika proses reallocated sector count terlalu lama prosesnya, itu menandakan banyak bad sector yang ditemui oleh software HDD Regenerator. Lebih dari 30 menit muncul terus kelihatannya sulit dan kudu bersabar. Jika tidak jalan terakhir (beresiko ditanggung sendiri) buka casing hardisknya, pada poros as diputar kekiri lalu pendeteksi sector data / Reader Sector diturunkan sampai pada batas piringan hard drivenya. Pastikan sebelum diputar ke kiri. reader sector dinaikan ke atas (mendekati poros as nya, sambil diputar kekiri dan turunkan reader sector data ke bawah melewati batas cakram hard drivenya. cakram (piringannya). Cara ini memang resiko tapi bisa berhasil jika beruntung. Dan saya tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan sampai pada error. Lebih baik bersabar saja menggunakan software HDD Regenerator 1.71 walaupun membutuhkan proses puluhan jam. Nah lho sanggup nggak ? oke semoga berhasil.

  8. Kalau health nya 4%, dan performa nya 100% , apakah masih bisa di perbaiki menggunakan hddreg min?

    • selama masih deteck hard drive (hardisk) nya 80% masih bisa diperbaiki. Cuma ambil datanya saja. Jangan taruh file penting lagi disitu. Jika bunyi tik-tik itu karena hardware dan perlu penanganan tenaga ahli di bidangnya.

  9. min laptop ane kinerjanya 100 % tapi kesehatannya 0% kegagalan terprediksi . itu gmna min masih bisa diperbaiki atau tidak min?

    • Seimbang itu Khanh, artinya bisa ya bisa tidak. Selama masih detek masih bisa diperbaiki. Diperbaiki dalam pengertian di sini hanya menyembuhkan posisi bad sector yang berdiam pada suatu sector bersih. Karena suatu hal bad sector itu terjadi. Maka dengan menggunakan HDD Regenerator posisi bad sector akan dipindahkan kepada sector yang kosong dan aman. Jika selesai memperbaiki bad sector yang bisa memerlukan waktu hingga puluhan jam, sebaiknya ambil data yang penting saja dan kesehatannya yang 0 nol persen itu sebaiknya tidak lagi dipakai untuk simpan data. Jika hardisknya tidak penting nah itu keputusan Khanh apakah ingin diperbaiki? karena jujur aja memperbaiki hardis bad sector membutuhkan kesabaran tinggi. Oke.

    • Maksudnya kurang jelas mas Rizki. Hiren adalah tools kumpulan program pembantu jika windows error, atau tools lain untuk masalah hardware lainnya. Lebih baik gunakan program khusus untuk perbaiki sesuatu. Untuk bad sector banyak sekali program toolsnya, salah satunya HDD Reg atau lainnya seperti spinrite, Flobo, Victoria, dan lain-lain. Jika sudah diperbaiki bad sectornya sebaiknya file yang penting di copy pastekan ke hardisk lain atau media lainnya. Maaf tadi belum jelas file apa yang dimaksud.

  10. Gan gimana kalo performa masih 100% tapi di health ada tanda warning dan penyebabnya di Reallocated Sector Count
    Udah saya pake hdd reg, ga ada badsector… Tetapi di hdd tune diskinfo warning buat itu gan… Tolong pencerahannya

    • Warna kuning pada suatu alamat sector hanya sebagai informasi peringatan saja, namun jika akses hardisknya masih cepat seperti bisa dicopy file, paste, removing dll tanpa kendala artinya hardisknya memang kesehatan softwarenya 100% itu bagus. Sebaiknya dipertimbangkan untuk memindahkan data penting di dalamnya. Buat cadangan filenya. Oke.

    • ya copot dulu lalu jadikan secondary hardisk atau hardisk ke dua pada komputer.

  11. Saya mau tanya .. In hdd ed saya 1 tb tpi dibaca oleh hdd regenerator mya jadi 2tb … Oh ya ni awalnya hdd ex sering tercabut ketika proses reading data. Nah setah beberapa saat hdd ex saya kedeec tpi dg tanda tanda oleh hardisk sentinel pro setelh itu saya scan and repair mengunakan hdd regenerator sekarang yang sudah 12 jam tpi scanned baru 4mb dan hsil bad sector 4000an ..apakah ada saran .. Mhon bantuan nya

    • Halo Juar kasus mu sama dengan Lazu jawabannya hampir sama sudah ane jawab pada Lazu. Oke 🙂

  12. Saya mau tanya .. In hdd ed saya 1 tb tpi dibaca oleh hdd regenerator mya jadi 2tb … Oh ya ni awalnya hdd ex sering tercabut ketika proses reading data. Nah setah beberapa saat hdd ex saya kedeec tpi dg tanda tanda oleh hardisk sentinel pro setelh itu saya scan and repair mengunakan hdd regenerator sekarang yang sudah 12 jam tpi scanned baru 4mb dan hsil bad sector 4000an ..apakah ada saran .. Mhon bantuan nya

    • Hai Lazu, untuk kasus hardiskmu dari 1tb kemudian oleh HDD Reg terbaca menjadi 2tb bisa jadi karena kasus pembacaan system hardisk crash karena ketika sedang proses pembacaan data tiba-tiba tercabut kabel datanya. Biasanya setelah di restart akan kembali normal lagi namun itu sangat jarang terjadi korup masalah pembacaan data system pada hardisk. Di dalam chipset hardisk ada penanda berapa gb, terabyte terbaca. Wah bad sectornya banyak ya 4000an. Saranku sih untuk hardisk 1tb jangan sering dijadi system operasi windows setidaknya mengurangi minimalisir kerusakan jika hardisk 1tb dijadikan system operasi. Sebaiknya dijadikan data (secondary hardrive). Karena hardisk yang dijadikan system operasi (OS) akan bekerja terus menerus selama dipakai, sehingga tingkat kerusakan bisa cepat terjadi. Sebaiknya gunakan hardisk system operasi dengan hardisk yang kecil saja seperti 80gb, 120gb, 160gb, 320gb. sesuaikan kebutuhan saja. Saran tetap dilanjutkan saja sampai dimana perbaikan bad sector itu. Oke Lazu semangat terus. 🙂

  13. Hai gan ane mau tanya nih hdd ane 1tb d check hdd sentinel performa 100% kesehatan 9% waktu d format hdd guru jadi 99% tapi pas d Taru data jadi 9% LG and bad sectornya 5000 lebih itu gmn ya gan

    • Hai Fany, gunakan HDD Regenerator saja (ane udah coba beberapa software sejenis, tp menurut ane pribadi lebih puas pake HDD Reg). Itu artinya file baru yang baru saja dicopy berada pada bad sector. Kamu buat beberapa partisi misal 2,3 partisi. Gunakan Easus Partition Manager. Dengan software lain (ane lupa namanya) dapat mendeteksi pada sector berapa mb / gb bad sector ditemukan. Hal ini untuk permudah menandakan dan mengatur posisi bad sector berada, sehingga bisa kita non aktifkan dan sisanya adalah Good Sector yang dapat digunakan. Istilahnya kita split (potong sector yang tertanda BAD tersebut), entah berapa sisa Good Sectornya misal dapat hanya 650gb (berapapun) maka sejumlah ukuran size tersebut kita gunakan. Sementara sisanya (350gb misal sudah tertanda BAD) kita disablekan / non aktifkan partisinya. Semua itu bisa dilakukan dengan EASUS PARTITION MANAGER. Belum tahu cara pakai EASUS PARTITION MANAGER ? coba kamu cari artikel tersebut / bisa juga melalui youtube. Oke deh semoga berhasil.

      • Sudah ane pakai hhd generator cuma ga ada bad sectornya nya gan cuma ada 1 file delay gitu tulisannya

        Tapi d hhd sentinel masih tetap aja 9% kesehatan nya ini mau coba d format LG terus baru d partisi Oia gan apa perlu yg bad sectornya ga d fungsikan aja pake hdd sentinel ini langsung 100% kesehatan nya

        • Kamu pake software sentinel hasil crack-crack bukan? atau sentinel belum teregristrasi. Beda halnya kamu pake software original hardisk sentinel hasilnya beda jauh dengan software hasil crack-crackan deh walaupun kelihatannya ori. Intinya kamu pake ruang sector yang Good Sector sementara non aktifkan Bad Sector yang sudah dipisahkan dengan split tadi. Maka windows (jika pakai windows) akan mengenali sector partisi yang aktif saja. Oke dicoba ya.

  14. mas admin, kalo delays detected itu artinya apa? apa bisa di perbaiki? hdd saya 1 tb , di scan pake hddregeneartor 2011 baru 12% kedetect 67 delays, apa itu parah?
    trims

    • Delays Detected itu proses pendeteksian secara scanning ditemukan dengan penundaan (delay) karena terlalu banyaknya bad sector dan bisa juga masalah di windows. Jika kurang yakin coba pindahkan hardisk 1 tb tadi ke komputer lain lihat hasilnya. Jika tidak muncul delay itu berarti pada root registry ada masalah pada komputer sebelumnya. Banyak kasus delay seperti ini tapi penanganan berbeda-beda yang jelas buktikan dulu ke komputer lain. Oke ya.

  15. Min, setelah berhasil scan and repair pake hddreg, cara reboot nya gimana ya? Apa harus di matikan paksa dengan pencet tombol power di laptop atau giman?

    • halo dodixtekno jika setelah scan and repair pakai hdd reg sudah ada perintah menekan tombol x untuk keluar atau tombol lainnya. Silahkan dicek lagi. Jika direstart juga tidak masalah. Oke.

  16. gan saya punya harddisk internal 500 gb sampai saat ini performanya belum ada masalah, lancar2 saja. tapi pas di cek di harddisk sentinel, healtnya 25% yang dikhawatirkan umur hd nya tinggal 80 hari, sudah saya coba manipulasi lewat fitur SMART dari harddisk sentinel tapi cuma sementara aja, lama kelamaan balik lagi ke 25%. pertanyaannya
    1. apa kalo pake hdd reg bisa perbaiki secara permanen
    2. maksudnya secondary harddisk itu gimana? apa gabisa lakukan repair kalo harddisk internal saja soalnya gapunya harddisk laptop yang lain adanya harddisk external biasa
    3. apa kalo lakuin instalasi lewat windows bisa berjalan normal? soalnya kayanya lebih direkomendasikan lewat dvd dan fd

    • halo wildan, masalah hd 500gb lancar-lancar saja memang benar adanya, karena masih bisa diakses, bisa internetan dll. Tetapi ketika di cek dengan software khusus check kesehatan hardisk ternyata ada bad.
      1. HDD Reg hanya memperbaiki bad sectornya saja supaya nantinya dipakainya lancar. Masalah permanen tergantung pemakaiannya berikutnya. Misal sering mati listrik mendadak itu bisa membuat hardisk badsectornya.
      2. Secondary itu maksudnya Hardisk dipasang ke port SATA ke 2,3,4 dstnya sedang port SATA 1 sebagai Windows yang mengeksekusi hardisk ke dua (secondary tadi)
      3. Bisa saja, tapi kalo mau irit kinerja bisa lebih hemat dari booting DOS. Rekomendasi memang kebanyak dari DOS. Ok. Wildan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *