20

CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

Cara ampuh perbaiki hard disk bad sector yaitu dengan cara cek langsung secara software. Tidak perlu mencopot hardisk lalu menggoyang-goyangkan hardisk apakah bunyi atau tidak. Hal seperti itu banyak dilakukan sebagian orang. Jangan persimis dahulu ketika hard disk ternyata mengalami Bad Sector. Berapapun ukuran hard disk dimungkinkan bisa mengalami crash, bad sector karena diakibatkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui tanda hard disk telah mengalamai bad sector dapat diperkirakan / dirasakan secara langsung sebagai berikut :

1. Kinerja komputer lambat saat akses data
2. Menjalankan program menjadi lambat dari biasanya
3. Proses eksplore data mengalami perlambatan seperti klik kanan, copy file, pindah file dll.

Ada dua jenis kerusakan bad sector hard disk yaitu secara software dan hardware. Bila kerusakan hanya dikarenakan secara software saja ini lebih baik diutamakan dan diusahakan perbaikan secara software. Namun jika ternyata hard disk bad sector karena hardware misalnya hardisk terjatuh, masalah kelistrikan, hard disk tidak terdetek, tidak dikenali, hilangnya ukuran pembacaan hardisk dan lain-lain, maka itu lebih baik ditangani oleh Jasa Ahli Hardisk jangan mencoba buka isi hard disk tersebut sebelum diperiksa oleh Jasa Ahli Hardisk yang banyak ditemui iklannya di internet atau di kota anda terdekat jika ada. Pastikan jasa Ahli Hard Disk yang dituju adalah benar-benar jasa yang berpengalaman dan ahli di bidang terkait.

Sedangkan untuk mengetahui secara langsung apakah hard disk telah mengalami bad sector yaitu dengan menggunakan software tool untuk cek kesehatan hard disk. Untuk hal ini saya menggunakan software seperti berikut ini :

Software Cek Bad Sector Hard Disk

1. Crystal DiskInfo
2. Hard Disk Sentinel

Dan untuk memperbaiki kasus hard disk positif terkena bad sector setelah menggunakan salah satu software cek bad sector hard disk, selanjutnya gunakan software perbaikan bad sector hard disk yaitu HDD Regenerator. Gunakan yang Full Version agar proses perbaikan bad sector tanpa kendala.
Software HDD Regenerator

Software untuk perbaikan hardisk bad sector ini diklaim oleh pembuat software HDD Regenerator yaitu Dmitriy Primochenko asal negara Rusia ini selama menggunakan software ini data tidak akan hilang dan hanya memberi tanda bad sector pada hardisk untuk kemudian di repair kemudian pindahkan ke sector yang tidak terpakai. Proses perbaikan bad sector bisa memakan waktu berjam-jam bahkan hingga 2 hari jika anda sanggup menunggunya.

“HDD Regenerator allows to repair bad sector on damaged hard disk drives without losses of the existing data. It supports many types hard drives and can be used with any file system including FAT, NTFS, ext3, hfs+, etc. Unformatted and Unpartitioned disks are also supported”.

Cara Menjalankan Software HDD Regenerator

Setelah yakin bahwa hard disk telah terkena bad sector dengan menggunakan dua software yang saya sarankan (Crystal DiskInfo dan Hard Disk Sentinel) saatnya persiapan perbaikan hard disk bad sector secara software. Jika bad yang ditandakan kuning oleh Crystal Disk Info maka itu sebagai tanda kerusakan secara software dan gunakan HDD Regenerator, namun jika tanda bad sector dikenali oleh Crystal DiskInfo dengan warna merah itu artinya kerusakan berat. Sebaiknya ambil datanya saja tidak perlu diperbaiki karena akan membuang waktu puluhan jam bahkan berhari-hari.
Install dahulu HDD Regenerator versi windows (saya menggunakan versi 1.7.1), setelah itu jalankan pada windows. Gambar tampilan biasanya seperti ini :

Cara-Pakai-Software-HDD-Regenerator-1.7.1

Idealnya hard disk yang bad sector tersebut diletakkan sebagai hardisk ke 2 (secondary) hal ini dilakukan agar proses perbaikan bad sector diharapkan dapat bekerja secara optimal.
Selanjutnya klik :
1. Regeneration –>  Start Process Under Windows
2. Choose Drive to Process (pilih drive yang akan diproses)
3. Start Process
Setelah langkah no 3 (Start Process) muncul menu selanjutnya sebagai berikut:

Proses Berjalan Repair Hard Disk Bad Sector

Gambar Proses Persiapan Repair Bad Sector

Pada gambar tersebut hard disk yang akan di repair bad sector adalah berukuran 500 gb merek Seagate ST3500. Selanjutnya pilih :

1. Scan and Repair
2. Isikan nominal megabyte (mb) : isikan 10 dan tekan M
3. Biarkan proses berjalan proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Proses Repair Bad Sector Hardisk sudah 9 jam lebih

Proses Repair Bad Sector sudah berjalan 9 jam (lihat pojok kanan atas)

Sebaiknya proses repair hard disk bad sector dilakukan pada waktu yang tepat tanpa banyak kendala diperkirakan datang. Mungkin lebih enjoy jika dilakukan tengah malam setelah terbangun akhirnya proses sudah selesai.
Proses yang saya kerjakan ini ternyata membutuhkan waktu sekitar 9 jam lebih, Dan hasilnya memuaskan dan pekerjaan melakukan repair hard disk bad sector ini tidak sia-sia. Itulah cara ampuh memperbaiki hard disk bad sector. Semoga bermanfaat. Silahkan beri komentar seputar masalah bad sector ini.

Telah dibaca : 7876 kali

admin_kencanaku

20 Comments

  1. wah lama juga itu prosesnya, kok saya pernah sampai hanya 3 jam saja ..?

    • ya bisa jadi karena kondisi, ukuran hard disk tersebut menentukan lamanya proses.

  2. Health hdd saya itu tinggal menyisahkan 18% kira2 masih bisa ditolong tidak ya min? Tolong pencerahan.a

    • jika rusaknya secara hardware misalnya bunyi klotak-klotak, tek-tek sebaiknya tidak usah diperbaiki secara software. Perlu tangan ahli benar-benar ahli menangani kerusakan hardisk secara hardware. Jika mencoba secara software puluhan jam baru bisa selesai. Semangat mas sidik 🙂

    • waduh .. lupa ane kalo hardisknya panas banget itu bakalan lama, asal masih bisa detek, masih bisa diakses di windows meski sedikit lambat, secara software masih bisa diperbaiki dengan HDD Regenerator tadi, di sentinel jika keterangannya “bukan excellent” atau tanda range merah, itu rusak berat bro.

    • sepertinya ukuran terrabyte bisa lah. selama itu terdeteksi baik oleh windows walau cm sakit bad sector saja. Dicoba saja dulu .. butuh keseriusan, kesabaran dan keyakinan tentunya. Oke Sied, try the best .. 🙂

  3. uda saya coba untuk hdd 3tb saya kedetect 756gb untuk hdd 4 tb saya terdetect 1,5tb…
    hdd saya saya sentinel masi 90% lancar2 aja cuman dulu sekali saya pernah coba regenerator bisa kembali jadi 99% cuman saya lupa versinya. dan dvd regeneratornya hilang. saya pakainya boot dari dvd kalau dari windows memang terdeteksi full. kalau ada info yang versi berapa bisa dari regeneratornya yg lewat booting dvd (dos)
    terima kasih sebelumnya

    • Hai Sied, udah coba belum HDD Regenerator PRO?, tema artikel ini masih menggunakan HDD Regenerator versi lama (baheula). Jika tidak mampu baca hardisk ukuran terrabyte, coba searching HDD Regenerator PRO nya. Usahakan Full Version 🙂

    • Halo agan Setiawan,
      Jika hardisk belum terdeteck coba cek dulu permasalahannya, bisa disebabkan faktor :
      1. Kabel data ke hardisk belum terpasang secara benar dan tepat
      2. Kabel data ke hardisk minta diganti baru
      3. Slot hardisk apakah SATA atau IDE mungkin tidak bisa konek lagi
      4. Pindahkan kabel data hardisk ke slot lainnya pada mainboard itu, apakah tetap tidak deteck?
      5. Cek hardisk ke komputer lain, pasang dengan benar, cek apakah terdetek baik ?
      6. Jika tidak kemungkinan pasti hardisk memang rusak.

      Coba cek link ini :

    • Hai Etek, kerusakan hardisk secara software dapat menggunakan software HDD Regenerator, jika masih terdetek dan kena Bad Sector HDD Regenerator jawaranya. Sesuai jaminan pembuat softwarenya, Dmitriy Primochenko menjamin data tidak ikut hilang selama proses dan setelah proses perbaikan bad sectornya.

      “HDD Regenerator allows to repair bad sector on damaged hard disk drives without losses of the existing data. It supports many types hard drives and can be used with any file system including FAT, NTFS, ext3, hfs+, etc. Unformatted and Unpartitioned disks are also supported”.

      Kalimat pertama hingga pada tanda titiknya itu jaminannya. Semangat 🙂

    • nominal 10 artinya pengecekan sector hardisk per 10 mega, kelipatan 10 megabyte, kalo di isi 100 mb bisa juga hanya saja loncatan 10-90 terlewati dan tentu prosesnya lebih lama. M itu Megabyte … Begitu yang ane tahu bang Mahfudz … 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *