0

Cara Cek Kerusakan Komputer dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Cara Cek Kerusakan Komputer dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Kerusakan komputer menjadi bagian paling penting untuk diketahui untuk para pengguna komputer. Hal yang penting ini sebenarnya patut dicermati dan dipelajari tentang bagaimana cara terbaik  untuk mengatasi kerusakan komputer.

Tidak perlu ada rasa takut untuk mempelajari dan menangani kasus kerusakan komputer yang sebenarnya bisa saja kita tangani dengan mudah. Tidak semua kerusakan komputer memerlukan jasa para teknisi komputer bahkan anda sendiri pun bisa menangani kerusakan komputer secara mandiri.

Berikut ini contoh-contoh kerusakan / gejala kerusakan komputer yang sering dijumpai oleh hampir semua pengguna komputer :

Kategori Kerusakan Umum Awal

  1. Komputer dinyalakan tetapi CPU (Central Processing Unit) tidak menunjukan gejala hidup bahkan berkali-kali ditekan tombol on-off nya tetap saja tidak mau menyala.
  2. Komputer dinyalakan dan status CPU (Central Processing Unit) menyala akan tetapi layar monitor tidak menunjukan adanya gambar di layar walau layar monitornya sudah di on sekalipun.
  3. Komputer dinyalakan  dan langsung mengeluarkan bunyi tit panjang (Beep) berkali-kali dan dimatikan kemudian dihidupkan lagi akan tetapi bunyi tit panjang tetap bersuara.
  4. Komputer dinyalakan status on bunyi tit sekali (bukan bunyi tit panjang) itu menandakan proses kerja CPU berjalan lancar hingga disertai bunyi suara windows terdengar akan tetapi layar tetap saja gelap tidak ada tampilan sama sekali. Hal itu menandakan komputer sudah mencapai pada tampilan windows akan tetapi layar tidak tampak tampilan apapun.
  5. Komputer dihidupkan muncul blue screen / BSOD (Blue Screen Of Death) yaitu munculnya suatu pesan error kerusakan tertentu dalam bahasa Inggris dengan tulisan warna putih dan background warna biru. Istilah ini sering disebut blue screen.
  6. Muncul pesan : “NTLDR is missing. Press Ctrl+Alt+Del to restart”.
  7. Muncul pesan : “BOOTMGR is missing. Press Ctrl+Alt+Del to restart”.

Kategori Kerusakan Komputer Spesifik

  1. Komputer sudah memunculkan windows, baru sebentar kemudian restart sendiri.
  2. Komputer sudah memunculkan windows akan tetapi beberapa menit kemudian mati sendiri.
  3. Komputer selalu hang tiap dipakai beberapa menit saja

Kategori Kerusakan Saat Windows Aktif

  1. Mouse tidak dapat digunakan
  2. Keyboard tidak dapat digunakan / tidak dapat berfungsi
  3. Tampilan windows pada graphic tidak sesuai
  4. CD / DVD keluar sendiri saat windows aktif
  5. Muncul pesan error tertentu jika di tutup / klik silang pesan error tersebut muncul berulang kali.

Beberapa macam pesan error kerusakan komputer tersebut merupakan paling sering dijumpai dan juga sering dialami. Terkadang solusi untuk mengatasi masalah tersebut ada yang berbeda solusinya tetapi tetap pada satu solusinya.

Tiap user akan menemukan suatu cara atau solusi saat mengalami kerusakan komputer, ada yang bisa dengan solusi A ada juga yang tidak bisa diselesaikan dengan solusi A melainkan dapat diselesaikan dengan metode solusi B, C dan seterusnya. Mengapa bisa demikian ?

Perlu diketahui kerusakan komputer tidak dapat pasti penyebabnya hanya satu masalah, terkadang solusinya harus melalui beberapa tahapan dan berbagai cara yang sudah teruji. Layaknya jalur alur flowchart anda harus membuat permisalan dengan menggambarkan suatu metode solusi menggunakan alur flowchat. Jika tidak dapat diselesaikan dengan cara A, maka mencoba cara B  jika tidak maka pasti cara C begitu dan seterusnya.

Menguraikan solusi dengan berurutan

Jika anda belum mengetahui awalnya komputer / laptop sesungguhnya berasal dari sebuah software dan hardware. Dengan menggunakan bahasa compiler assembly diciptakanlah suatu program untuk bekerja secara berurutan kemudian mengenali fungsi hardware tertentu yang sebelumnya di dalam hardware tersebut sudah dibuatkan program identitas hardware tersebut.

Maka ketika suatu hardware tidak dapat bekerja di windows itu dikarenakan tidak terdapat software yang berkenaan dengan identitas hardware tersebut. Maka terjadilah tidak  berfungsinya hardware tersebut karena windows belum / tidak mengenali hardware identitas tersebut.

Solusi Macam Kerusakan Komputer

Bagaimana solusi atas permasalahan pada thema artikel ini yang sudah saya kategorikan ke dalam tiga bagian yaitu :

  1. Kategori Kerusakan Umum Awal
  2. Kategori Kerusakan Komputer Spesifik
  3. Kategori Kerusakan Saat Windows Aktif

Untuk kerusakan software saya menggunakan tools seperti : “Easy Recovery Essentials”. Tools ini dapat dijadikan sebagai penyelamat terhadap masalah error / kerusakan windows baik versi windows xp, windows 7, windows 8, windows 10 sekalipun.  Tools ini menganalisa kerusakan dan auto repair dalam mode booting baik melalui usb flashdisk maupun cd booting yang sudah terinstall easy recovery essentials di dalamnya. Alternatif gunakan cd windows untuk mode repair saat melakukan booting dengan cd windows yang berkaitan.

Untuk mendownloadnya dibutuhkan space kisaran 360 mb sebaiknya di download dengan akses internet yang stabil atau bisa melalui warnet terdekat.

Untuk kerusakan hardware komputer memerlukan kepastian analisa secara utuh bukan langsung ambil kesimpulan tanpa analisa. Saya bukanlah master dalam masalah ini tetapi mencoba memberikan suatu manfaat yang pernah saya alami terhadap kasus yang berkaitan ini.

Silahkan menanyakan solusi pada kategori A, B, C tersebut di atas karena saya akan menjawab sesuai kemampuan dan semaksimal mungkin memberikan jawab terbaik Cara Cek Kerusakan Komputer dan Solusi Ampuh Mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Misal pertanyaan : Bagaimana solusi kategori A nomor 1 ?, Bagaimana solusi kategori B nomor 3 ? Bagaimana solusi kategori C nomor 5?

Telah dibaca : 251 kali

admin_kencanaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *