0

Cara Mengatasi Website WordPress Blank Akibat Gagal Upload Theme

Mengatasi website wordpress blank akibat gagal upload theme

Mengatasi website wordpress blank akibat gagal upload theme merupakan bagian dari sekian masalah ketika wordpress bermasalah.

Awal Permasalahannya

Pengalaman ini terjadi ketika mengupload file theme dari dashboard wordpress, biasanya melakukan upload baik itu plugin ataupun theme melalui dashboard wordpress seperti biasanya berjalan lancar saja. Sebelumnya mendapat dan membaca email ada pemberitahuan bahwa website mengalami over data alias full pada halaman cpanel dan diminta segera mengatasinya.

Karena suatu hal saya lupa melakukan penanganan secara cepat dan sudah berlalu beberapa hari kemudian. Ketika pada suatu hari website yang dimaksud hendak saya update terutama ketika mencoba melakukan perubahan theme dengan cara menggantinya. Akan tetapi setelah beberapa kali terdapat pesan error saat upload theme, saya baru ingat pantas saja selalu gagal dikarenakan kalau data yang ada di hosting sudah full makanya hal itu saya tidak bisa melakukan update theme.

Prahara di dashboard WordPress

Ketika mencoba melakukan visit website yang dimaksud, terkejut website tidak terdapat terbuka dengan sempurna. Website sepertinya alami tanpa content alias website wordpress blank. Panik ? tidak. Saya baru saja tahu telah melakukan kesalahan akibat gagal upload theme. Karena masih berada di halaman dashboard wordpress, saya mencoba pindah ke halaman plugin akan tetapi halaman tetap tidak tampak sebagaimana mestinya. Jika tadi tadi tampilan website blank, kini juga giliran halaman pada dashboard wordpress mengalami error. Panik lagi ? tidak juga.

Mencoba masuk ke halaman theme dengan harapan dapat merubah theme pada dashboard tersebut, karena sebelumnya theme lain tidak bermasalah. Hasilnya pun sama juga halaman appearance, theme tidak dapat menampilkan halaman dashboard sebagai mana mestinya. Panik juga nih ? iya saya panik tapi tetap tenang.

Masuk ke Cpanel

Segera menuju cpanel saya melihat file backup sudah over data dan harus dihapus, termasuk juga saya menghapus theme yang barusan itu gagal di upload dengan harapan menghapus themenya website dapat loading dengan semestinya tanpa kendala. Setelah selesai lalu mencoba membuka website yang dimaksud, apakah gerangan terjadi ? ternyata sama juga juga website tetap blank.

Pikir dan pikir itu yang sedang dipikirkan, sebab sebelumnya sudah biasa menangani website wordpress blank. Tetapi baru kali ini alami gagal upload theme di wordpress tampilan websitenya menjadi blank.

Dengan tekad kuat, website tidak boleh error begitu di benak pikiran dan harus diselesaikan hari ini juga karena apa kata orang nanti yang hendak mengunjungi website tampilan ompong alias blank.

Sebenarnya mengatasi website wordpress blank dapat dilakukan dengan berbagai cara, karena saya berhati-hati mencoba berpikir lebih cerdas agar website tetap pada tampilan sebelum mengalami error dan tidak seperti sudah menjadi blank ini.

Menghubungi Tim Support Hosting

Saya mencoba menghubungi tim support hosting yang lama telah menjadi langganan, yaitu dapurhosting. Seperti biasanya chat online tersedia tinggal mengklik saja dan mengisi nama dan email dan tunggu ditanggapi mulailah lakukan chat. Tetapi jika sudah klik chat tim dari hosting belum juga menyambut, bisa dilakukan melalui sms, atau open tiket. Berhubung ini darurat saya memerlukan cek langung praktek.

Dalam hasil chat, seorang tim support bernama Rifai menganjurkan hal yang sama yang sebenarnya sudah saya lakukan sebelumnya, hasilnya juga tetap sama website belum juga terlihat sempurna alias masih blank. Namun ketika ditanya, apakah saudara mendownload ulang dan mengupload file theme (berupa file zip, rar) ke dalam cpanel, manager, public_html, wp_content, dan folder theme? Saya katakan sudah. Apakah nama theme yang diupload / di download ulang itu theme yang sama yang menyebabkan website blank ? nah pada bagian ini saya menjawabnya tidak, karena yang saya upload theme bukanlah theme yang menjadi masalah ketika website menjadi blank

Upload ulang theme yang sama yang menjadi web bermasalah

Solusinya adalah mengupload theme yang sama (bisa di download ulang) nama theme wordpress yang tadi menyebabkan website wordpress blank. Setelah saya coba upload theme yang dimaksud ke dalam cpanel, wp-content, theme kemudian setelah upload theme ke cpanel sukses, klik kanan file theme tersebut dan lakukan extract. Jika sudah extract biasanya menghasilkan folder nama theme tersebut.

Langkah ini ternyata sukses dan sekaligus menjadi solusi atas masalah website wordpress blank akibat gagal upload theme. Setelah selesai semua login ke dashboard worpress, lakukan penggantian theme yang lain atau theme yang sebelumnya normal saja. Hasilnyapun benar-benar sukses, website tidak lagi alami blank atau website wordpress tidak blank lagi.

Kesimpulan:

Judul : Website wordpress blank setelah gagal upload theme

Dimungkinkan karena file di hosting anda sudah penuh sehingga gagal terus upload theme

Faktor koneksi sedang lemot sehingga terjadi kegagalan saat upload theme

Cek kondisi data di hosting apakah benar-benar penuh.

Jangan panik,

Jika halaman dashboard bermasalah setelah itu, lakukan download ulang theme yang sama

Masuk ke cpanel, file manager, wp_content, theme. Dari sini upload file theme yang barusan di download

Setelah selesai upload dan complete statusnya

Klik kanan file theme tersebut lalu ekstrak. Sehingga memunculkan folder dengan nama theme yang barusan di ekstrak.

Jika sudah selesai, masuk ke login dashboard wordpress username dan paswordnya di isikan.

Lakukan penggantian theme yang halaman dashboard wordpress yang telah disediakan.

Saya rasa langkah menggantikan theme pada proses terakhir ini dipastikan akan sukses. Website wordpress blank tidak lagi terjadi. Mudah bukan …

(Jika lupa nama theme yang menyebabkan wordpress menjadi blank karena sudah terlanjut dihapus, itu artinya pekerjaan berat menanti. Coba tetap tenang dan yakin bisa mengatasinya).

Telah dibaca : 106 kali

admin_kencanaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *