Pengertian Jaringan Komputer beserta gambar

Pengertian jaringan komputer beserta gambar berikut ini merupakan artikel yang berusaha memberikan informasi tentang jaringan komputer selengkap mungkin. Siapapun pengguna komputer disadari atau tidak disadari bahwa komputer dengan jaringan internet berasal dari suatu manfaat jaringan komputer.

Tidak semua pengguna komputer mau memberi waktu untuk membaca pengertian jaringan komputer beserta gambar padahal dengan jaringan komputer dapat diambil banyak sekali manfaat. Mulai dari komunikasi face to face dengan relasi, kawan, orang tua, bahkan orang yang belum kenal pun dapat berbicara kepada kita hingga sampai antar benua. Pengguna hanya mengetahui manfaat tersebut tetapi sebagian belum pernah melakukan praktek manfaat jaringan komputer yang dapat mempertemukan sanak-saudara yang berada di luar sana.

Masih ingat aplikasi chat seperti yahoo mesengger, skype, google chat ? aplikasi tersebut tidak hanya berkomunikasi melalui teks tetapi bisa juga melalui visualisasi gambar hidup. Untuk melakukan pemanfaatan itu diperlukan jaringan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Itulah sebagian kecil dari manfaat jaringan komputer yang dapat diambil manfaatnya. Sekarang saya mencoba memaparkan pengertian tentang pengertian jaringan komputer beserta gambar nya.

Perangkat-Keras-Jaringan-Komputer2

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Istilah jaringan komputer berasal dari kata computer networking dalam bahasa inggris ;

“a computer or data network  is a telecommunications network which allows computers to exchange data …”

yang artinya merupakan suatu jaring komunikasi antar komputer satu sama lainnya dengan tujuan transportasi data baik itu berupa data teks dan gambar.

Jika diasumsikan transportasi data dengan bentuk teks dapat dilihat dengan permisalan email yang kita terima yang hanya disertai data teks. Sedang transportasi data gambar bisa juga melalui email dengan hanya menerima gambar yang dikirimkan oleh seorang dari suatu tempat.

Dalam pengertian jaringan komputer ada istilah yang melekat dan hampir tak bisa dilupakan yaitu komputer server dan komputer client sebagai objek visualisasi yang sesungguhnya. Sedangkan istilah lain berhubungan dengan jaringan komputer adalah perkakas hardware maupun software seperti : LAN, WIFI, KABEL LAN, LAN CARD, ONBOARD CARD, IP ADDRESS dan sebagainya.

Komputer Server

Pengertian komputer server sebagai bagian dari jaringan komputer adalah komputer yang bertugas khusus pemberi data / layanan data sebagai pusat pertukaran data. Jaringan komputer dipusatkan ke komputer server dan komputer client sebagai penerima data dari komputer server. Contoh komputer server dengan ciri-ciri sebagai berikut :

– Komputer dengan speed performa tinggi

– Komputer Processor Intel Xeon, Inter Corei5, Intel Corei7

– Memory / Ram minimal 2gb, 4gb, 8gb, 32gb

– Data Storage / Hardisk minimal 1 terra (boleh juga 500gb, 750gb)

Performa spesifikasi komputer server tersebut dimaksudkan untuk komputer server dalam jaringan komputer indoor / ruangan / laboratorium komputer / perkantoran dan lain-lain. Untuk komputer server layanan data hosting misalnya tentunya komputer server lebih bersifat khusus lagi dan tidak dijual secara asal. Performa tersebut saya gambarkan menyesuaikan kondisi fasilitas dan tahun yang berlaku pada saat ini.

Komputer Client / Workstation

Komputer Client adalah suatu komputer yang meminta layanan atau menerima layanan data dari komputer server. Dari istilah client saja dalam bahasa Indonesia klien (baca kliyen) itu adalah orang yang membutuhkan jasa dari suatu layanan jasa. Nah layanan jasa itu bisa kita sebut sebagai pusat layanan jasa.

Komputer Client spesifikasinya boleh komputer standard tidak perlu performa tinggi namun jika tujuan salah satu komputer client untuk design, rendering, 3d, autocad dan sebagainya tentu komputer dengan performa tinggi apa saja bisa menjadi komputer client.

Perangkat Keras untuk Jaringan Komputer

Bila tadi sudah kita ketahui komputer client dan komputer server sekarang perlu mengetahui perangkat keras apa saja selain komputer server dan komputer client tadi.  Perangkat keras ini merupakan keluarga perangkat hardware untuk pembuatan suatu jaringan komputer. Apa saja itu berikut ini akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Switch HUB yaitu semacam alat yang berfungsi menerima sinyal kabel Lan disertai tanda lampu kecil (micro led) yang menyala. Bentuk segi empat terdapat beberapa port (lubang)  lan mulai dari 4 ports, 8 ports, 16 ports, 24 ports hingga 32 ports. Apabila kabel lan ditancapkan pada suatu port dan lampu status menyala pada ports tersebut maka itu berarti fungsi jaringan sedang bekerja aktif.

  2. Kabel Lan sesuai namanya kabel Lan dipakai untuk menyambung jaringan dari komputer client menuju switch hub ini disebut penyambungan kabel lan dari komputer client ke switch hub agar syarat berjaring secara komputer terpenuhi. Kabel UTP sering disebut sebagai kabel Lan.

  3. Lan Card adalah perangkat keras yang terdapat pada komputer baik itu terintegrasi pada motheboard komputer atau dipasang secara add on berupa Lan Card. Jadi lan card itu ada yang dibentuk sudah tersedia pada motherboard komputer. Sedang Lan Card juga disediakan sebagai perangkat keras tersendiri yang nanti ditancapkan pada port pci di motherboard komputer itu. Keduanya sama fungsinya.

  4. Konektor RJ45 yaitu konektor sebagai penjepit dari beberapa kode warna kabel UTP / kabel lan. Kabel Lan mempunyai beberapa kode warna yang wajib dikupas ujungnya lalu ujung kabel itu dimasukan secara berurut sesuai warnanya kemudian dimasukan ke konektor RJ45. Tanpa konektor RJ45 ini maka kabel Lan tak berfungsi sebagai mustinya. Bila konektor sudah dimasukan ujung kabel Lan yang terdiri dari beberapa warna itu maka konektor Rj45 perlu dijepit dengan menggunakan tool seperti tank khusus untuk perangkat jaringan.

  5. Tang penjepit konektor RJ45 biasa disebut tang Crimping fungsinya untuk menjepit kabel lan (kabel UTP) yang ujungnya sudah dikupas sehingga kawat tembaga terlihat pada ujung kabel tersebut. Setelah itu masukan ke dalam konektor RJ45 yang sudah tersedia jumlah lubang dengan jumlah yang sama pada jumlah kabel Lan setelah dikupas. Setelah dimasukan secara benar maka konektor RJ45 dimasukan pada tang Crimping yang juga mempunyai lubang sama persis bentuk dari konektor RJ45 kemudian jepitlah sehingga terdengar bunyi “klik”.

  6. Lan Tester berfungsi untuk mengecek apakah kabel Lan yang sudah dipasang dengan konektor RJ45 sudah berfungsi baik. Ujung satu dengan ujung lainnya dimasukan ke dalam lubang khusus RJ45 yang disediakan oleh alat Lan Tester ini. Terdapat dua lubang RJ45 pada alat Lan Tester ini dan untuk mengetesnya tingal menekan tombon on pada alat Lan Tester tersebut maka apabila lampu led berjalan naik turun secara bersamaan, maka kabel Lan yang sudah terpasang konektor RJ45 baik ujung satu dan ujung lainnya ini dapat digunakan untuk koneksi hubungan komputer client dengan switch hub, jika menyala lampu status pada swith hub berarti pemasangan kabel dengan konektor RJ45 sukses.

Untuk lebih detail lagi tentang membaca Pengertian Jaringan Komputer beserta gambar akan saya paparkan lebih lanjut pada artikel lainnya.

Paparan tentang detail pengertian jaringan komputer beserta gambar nya ini semoga memberikan masukan informasi positif bagi siapa saja yang membutuhkannya. Lebih dan kurangya tentunya artikel ini masih terdapat kekurangan namun demikian ini merupakan suguhan artikel menurut saya sudah dimaksimal sesuai kemampuan. Semoga bermanfaat.

Telah dibaca : 1122 kali

Author: admin_kencanaku

2 thoughts on “Pengertian Jaringan Komputer beserta gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *