10 cara mengatasi tinta printer tidak keluar paling mudah yaitu dengan mencoba menganalisanya. Setelah melakukan tes print pastikan katrid mana yang mengalami tidak keluar. Pada tema artikel ini contoh printer merek adalah Canon ip2770. Langkah-langkahnya :

  1. Buka cover printer (printer dalam keadaan on)
  2. Tunggu posisi katrid berada di tengah
  3. Buka penutup cover katrid
  4. Ambil katrid yang tidak keluar tintanya bisa katrid warna atau katrid hitam,
  5. Cek apakah katridnya terasa ringan atau tidak berat, jika berat kemungkinan isi tinta di katrid penuh dan alami buntu. (sedot mengguakan alat khusus dapat dibeli secara online).
  6. Jika katrid terasa ringan isikan tinta sesuai warnanya. Untuk katrid warna ada 3 lubang (lubang paling atas merah, bawah kiri biru dan bawah kanan kuning) jangan sampai salah isi.
  7. Isikan (suntikan tinta sesuai warna) maksimal 2 mili pada alat suntik yang ada (alat suntik disini bisa dibeli di apotek).
  8. Bersihkan bagian head katrid dengan tisu halus hanya di lap saja bagian head katridnya.
  9. Lakukan tes printer.
  10. Semoga hasil print sesuai yang diharapkan.

Langkah-langkah di atas adalah langkah paling sederhana sebelum menentukan apakah katrid telah rusak. Karena harga printer yang mahal itu katridnya bukan mesinnya.

CARA MERAWAT PRINTER AGAR KATRID AWET

Printer canon ip2770 memang saat ini masih banyak yang menggunakan jenis printer ini. Selain mudah dan murah, system printer ini dapat melakukan print foto hingga ukuran Legal Folio atau Kuarto.

Sedangkan versi printer di atas ip2770 untuk print foto dibatasi sampai ukuran tertentu saja tidak bisa print ukuran Legal Folio atau Kuarto. Oleh sebab itu karena faktor tersebut mungkin banyak yang masih menggunakannya.

Usahakan saat print dokumen dengan banyak halaman yang akan di print maka saat print misal ada 100 lembar, maka aturlah proses print mulai dari halaman 1 – 30 lembar dulu tidak langsung print 100 lembar.

Mengapa begitu ? hal itu bertujuan memberi jeda kinerja head tidak terlalu keras bekerja dan dapat memperpanjang kualitas head printer itu sendiri.

PRINTER HARUS SERING DIGUNAKAN

Printer memang harus sering digunakan hal ini bertujuan agar printer dan mesinnya terasa seperti baru. Selain itu mesin printer selalu membutukan aktif bekerja supaya terhindar dari macet dan bermasalah. Katrid juga tidak mengalami kering sehingga lambat laun dipenuhi debu hingga terjadi kebuntuan. Sirkulasi udara dibagian head bila sering digunakan akan dibersihkan ketika saat print. Yaitu saat bergerak ke kanan dan kekiri pada bagian kanan printer terdapat dudukan penerima katrid saat lewati ke posisi kanan di situ ada semacam benda lunak yang melumuri sekaligus menyentu head untuk pembersihan.

JANGAN MENGGUNAKAN INFUS MANUAL

Banyak seri printer canon ip2770 menggunakan infus manual yang dilakukan para tukang servis printer. Walau tidak semua, penggunaan infus manual seperti ini malah sering membuat masalah. Masalah yang sering printer menggunakan infus manual seperti berikut ini:

  1. Printer sering macet saat proses print
  2. Tinta infus sering tidak mengalir
  3. Kualitas perakitan infus manual rendah
  4. Printer sering kedip-kedip
  5. Mesin printer tidak mengenali system infus manual

Namun mengapa printer baru canon ip2770 paketan infus terpasang saat print itu normal saja baik hasil print warna maupun hitam. Semua berjalan sesuai yang diharapkan.

Ketahuilah walau printer baru canon ip2770 sudah dipasang infus manual, sejatinya katrid masih tergolong baru alias masih baru. Tentu saat print hasilnya bagus sesuai harapakan itu karena dari katrid barunya sedang tinta tabung infusnya belum mengalir karena tugas print masih dikerjakan oleh katrid barunya.

BELI PRINTER DENGAN INFUS SYSTEM PABRIKAN

Setelah katid baru alami kosong karena pemakaian, otomatis diharapkan tugas tinta di tabung infus bekerja mengaliri katrid yang kosong tadi. Karena proses habis tinta asli pada katrid membutuhkan waktu dan pemakaian, bisa jadi selang infus tersebut selama menunggu katrid baru kosong akan alami masalah pada penyaluran tintanya. Itulah mengapa hal ini banyak tidak disadari pemakai printer canon ip2770 yang sudah menggunakan infus manual.

Lain halnya dengan printer infus canon atau merek lain, terdapat produk printer baru sudah menggunakan infus dari pabrikannya. Printer infus keluar pabrikan tentu saja sudah menggunakan system pada mesin printernya.

System akan memberikan perintah kepada mesin untuk dapat mengaliri tinta secara otomatis ketika isi tinta di katridnya mengalami penurunan volume nya. Terdapat hardware chipset printer yang sudah di isi printah dan dikaitkan dengan software printer sehingga pengaliran tinta akan mengalir secara otomatis.

SOLUSI PRINTER BARU CANON IP2770 TANPA INFUS

Bagi yang masih menggunakan printer canon ip2770 dengan infus terpasang, apabila sering alami masalah saat print, entah itu macet, katrid tidak bergerak dan lain-lain, cobalah copot infusnya dengan hati-hati dan cermat. Copot selangnya, dan tutupi ujung selang dengan batang korek api atau cara lainnya dengan ditekuk kuat ujung selangnya di ikat agar tinta dari tabung tidak keluar begitu saja.

Karena sudah infusan, maka di katrid biasanya sudah dibolongi bagian atas katridnya. Untuk katrid warna ada 3 lubang (lubang atas pada katrid adalah tinta warna merah, lubang pada katrid bagian bawah kiri adalah tinta biru, sedang lubang pada katrid bagian bawah kanan adalah kuning). Sedang katrid warna hitam hanya terdapat satu lubang saja.

Setelah melepas infus, cobalah test print. Perhatikan hasil test print apakah ada salah satu katrid tidak mengeluarkan tinta? atau kedua katrid tidak mengeluarkan tinta? Untuk mengatasi masalah tersebut lihat paragraph paling atas pada artikel ini.

  1. Buka cover printer (printer dalam keadaan on)
  2. Tunggu posisi katrid berada di tengah
  3. Buka penutup cover katrid
  4. Ambil katrid yang tidak keluar tintanya bisa katrid warna atau katrid hitam,
  5. Cek apakah katridnya terasa ringan atau tidak berat, jika berat kemungkinan isi tinta di katrid penuh dan alami buntu. (sedot mengguakan alat khusus dapat dibeli secara online).
  6. Jika katrid terasa ringan isikan tinta sesuai warnanya. Untuk katrid warna ada 3 lubang (lubang paling atas merah, bawah kiri biru dan bawah kanan kuning) jangan sampai salah isi.
  7. Isikan (suntikan tinta sesuai warna) maksimal 2 mili pada alat suntik yang ada (alat suntik di sini bisa dibeli di apotek).
  8. Bersihkan bagian head katrid dengan tisu halus hanya di lap saja bagian head katridnya.
  9. Lakukan tes printer.
  10. Semoga hasil print sesuai yang diharapkan.

GANTI PRINTER DENGAN INFUS SYSTEM PABRIKAN

Terdapat banyak printer dan merek untuk system infus pabrikan. Masing-masing produk mempunyai kelebihan masing-masing, mungkin minus nya masalah harga yang lumayan mahal. Biasanya juga terdapat scanner dalam paketan printer jenis baru ini. Berikut printer infusan pabrikan canon yang mungkin menjadi saran.

Printer Canon Infus Pabrikan G series

  1. Printer Canon G1000 Pixma Inkjet
  2. Printer Canon G1010 Pixma Inkjet
  3. Printer Canon G2000 Pixma Inkjet
  4. Printer Canon G2010 Pixma Inkjet
  5. Printer Canon G3010 Pixma Inkjet
  6. Printer Canon G4010 Pixma Inkjet
  7. Printer Canon G5070 Pixma Inkjet
  8. Printer Canon G6070 Pixma Inkjet
  9. Printer Canon G7070 Pixma Inkjet

Semua jenis printer canon tersebut diatas mungkin bisa jadi pertimbangan untuk upgrade printer canon lama ke versi printer canon seri terbaik infusan pabrikan untuk para penggemar printer canon. 10 CARA MENGATASI TINTA PRINTER TIDAK KELUAR PALING MUDAH semoga bermanfaat.


Telah dibaca : 11 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>