Black Screen Setelah Save Video Windows Movie Maker

Menggunakan windows movie maker dan merekam video setelah di save hasil film tidak tampil hanya layar gelap hal ini disebabkan karena hardware pada komputer atau pada  laptop. Untuk mengatasi hal tersebut caranya sangat mudah dan biasanya langkah ini ampuh untuk mengatasinya.

Solusi Layar Gelap Setelah Edit Video di Windows Movie Maker

Setelah mengedit video menggunakan windows movie maker dan ketika di save serta ketika dijalankan video hasil edit video itu menjadi gelap alias tidak ada tampilan apa-apa di layar. Untuk mengatasi hal tersebut  lakukan hal-hal berikut : (windows 7)

  1. Secara  Online
  2. Klik start โ€“ computer โ€“ klik kanan computer โ€“ pilih properties dan pilih device manager di bagian kiri atas.
  3. Klik device manager
  4. Cek bagian  Display Adapters
  5. Di situ terdapat nama driver vga misal : Ati Radeon 4250, Intel dan sebagainya
  6. Klik kanan Display Adapters lalu pilih Update Driver Software
  7. Proses update vga secara online akan berjalan, bila tidak cek apakah komputer sudah online?
  8. Setelah update selesai, restart computer
  9. Silahkan mencoba edit video kembali menggunakan windows movie maker, setelah edit selesai lakukan save, dan coba buka hasil edit yang sudah di save tadi. Jika video muncul dengan gambar dan suara maka tugas dan solusi sudah selesai.
  10. Secara offline yaitu menggunakan software auto driver seperti : DriverPack17,

Untuk mengatasi update vga secara offline artinya tidak perlu menggunakan akses internet untuk melakukan update vga computer / laptop. Cukup gunakan software auto driver yang sudah terinstall di komputer atau laptop sebelumnya.  Namun jika belum tersedia software auto driver pada komputer atau laptop bisa di download terlebih dahulu atau gunakan saja opsi update secara online seperti langka poin A di atas.

Gunakan Video Graphic Adapter Add On

Bila spesifikasi video graphic adapters pada komputer / laptop belum memadai untuk melakukan proses editing video maka gunakan vga add on yang memenuhi standard untuk melakukan proses editing video jika menggunakan komputer. Namun jika menggunakan laptop tentu vga tidak bisa diganti dan solusinya gunakan laptop yang mempunyai vga memenuhi syarat untuk melakukan proses editing video.

Apa itu VGA Add On ?  adalah vga tambahan selain vga bawaan pada komputer yang menyatu pada motherboard komputer. Untuk lebih detail apa itu VGA Add On lihat gambar berikut :

VGA Add on yang cukup memenuhi standard melakukan editing video mempunyai kriteria tersendiri seperti dari segi berapa ram, ddr dan bit ukurannya.

Sebagai contoh misalnya mempunyai VGA Add On merek Biostar dengan chipset G210, 1gb, 64bit, DDR3, hal ini menjelaskan sebuah VGA merek Biostar dengan Chipset Gforce 210, Ram 1gb, ukuran 64 bit. Dengan menggunakan vga tersebut bisa melakukan editing video sederhana menggunakan windows movie maker.

Tipe DDR untuk VGA tertinggi saat ini di tahun 2020 adalah tipe DDR 5, maka jika mempunyai tipe VGA ram 1 gb, 2gb dengan bit 128, atau 256 bit serta DDR 5  maka VGA tersebut sudah  menggunakan game berkelas sekalipun. Bila dilihat dari harga sebuah VGA mempunyai spesifikasi seperti itu harganya bisa mencapai lebih dari Rp.2.000.000 atau lebih.

Bila sekedar melakukan editing video sederhana maka gunakan software editing yang tidak memerlukan kinerja vga yang lebih bagus. Contoh gunakan software editing video seperti : windows movie maker.

Windows movie maker nampaknya memang sudah kurang maksimal bila disandingkan dengan software pendatang setelahnya seperti :

  • adobe primiere pro,
  • avs video editor,
  • avidemux,
  • corel video studio,
  • chine effect jhasaka
  • camtasia,
  • kates video toolkit,
  • lightworks,
  • pinnacle studio,
  • video pad editor
  • vsdc
  • wilmora,

Windows movie maker lebih stabil digunakan di platform windows versi 7 dan 8, namun untuk windows versi 10 kurang bisa dimaksimalkan. Windows movie maker kini tidak lagi didukung alias dihentikan oleh developernya yaitu Microsoft. Namun windows movie maker masih dapat digunakan dan bisa dipakai untuk edit video sebelum upload ke youtube.com .

Update VGA dari situs resminya

Dengan update ke situs resminya akan mendapatkan file update yang dapat dipercaya serta aman dari hal yang tidak diinginkan. Driver update vga dapat di download pada situs resminya sesuai merek vga dan vendor pembuatnya. Jadi tidak perlu khawatir mendapat file update yang di tempat lain rawan akan jebakan link url yang mengganggu.

Mengapa Artikel Ini Dibuat ?

Mengapa artikel ini dibuat dengan tema blank screen setelah save video windows movie maker, kasus ini tidak sedikit dialami oleh pengguna windows movie maker ketika sudah melakukan editing video dan selesai di save kemudian file save hasil edit itu dicoba putar tetapi video player menampilkan layar gelap saja alias blank screen. Melalui artikel ini semoga memberikan solusi bermanfaat dan dapat disebarluaskan jika perlu tentang solusi black screen setelah save video windows movie maker.


Telah dibaca : 70 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>