CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

CARA AMPUH PERBAIKI HARD DISK BAD SECTOR

Cara ampuh perbaiki hard disk bad sector yaitu dengan cara cek langsung secara software. Tidak perlu mencopot hardisk lalu menggoyang-goyangkan hardisk apakah bunyi atau tidak. Hal seperti itu banyak dilakukan sebagian orang. Jangan persimis dahulu ketika hard disk ternyata mengalami Bad Sector. Berapapun ukuran hard disk dimungkinkan bisa mengalami crash, bad sector karena diakibatkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui tanda hard disk telah mengalamai bad sector dapat diperkirakan / dirasakan secara langsung sebagai berikut :

1. Kinerja komputer lambat saat akses data
2. Menjalankan program menjadi lambat dari biasanya
3. Proses eksplore data mengalami perlambatan seperti klik kanan, copy file, pindah file dll.

Ada dua jenis kerusakan bad sector hard disk yaitu secara software dan hardware. Bila kerusakan hanya dikarenakan secara software saja ini lebih baik diutamakan dan diusahakan perbaikan secara software. Namun jika ternyata hard disk bad sector karena hardware misalnya hardisk terjatuh, masalah kelistrikan, hard disk tidak terdetek, tidak dikenali, hilangnya ukuran pembacaan hardisk dan lain-lain, maka itu lebih baik ditangani oleh Jasa Ahli Hardisk jangan mencoba buka isi hard disk tersebut sebelum diperiksa oleh Jasa Ahli Hardisk yang banyak ditemui iklannya di internet atau di kota anda terdekat jika ada. Pastikan jasa Ahli Hard Disk yang dituju adalah benar-benar jasa yang berpengalaman dan ahli di bidang terkait.

Sedangkan untuk mengetahui secara langsung apakah hard disk telah mengalami bad sector yaitu dengan menggunakan software tool untuk cek kesehatan hard disk. Untuk hal ini saya menggunakan software seperti berikut ini :

Software Cek Bad Sector Hard Disk

1. Crystal DiskInfo
2. Hard Disk Sentinel

Dan untuk memperbaiki kasus hard disk positif terkena bad sector setelah menggunakan salah satu software cek bad sector hard disk, selanjutnya gunakan software perbaikan bad sector hard disk yaitu HDD Regenerator. Gunakan yang Full Version agar proses perbaikan bad sector tanpa kendala.
Software HDD Regenerator

Software untuk perbaikan hardisk bad sector ini diklaim oleh pembuat software HDD Regenerator yaitu Dmitriy Primochenko asal negara Rusia ini selama menggunakan software ini data tidak akan hilang dan hanya memberi tanda bad sector pada hardisk untuk kemudian di repair kemudian pindahkan ke sector yang tidak terpakai. Proses perbaikan bad sector bisa memakan waktu berjam-jam bahkan hingga 2 hari jika anda sanggup menunggunya.

“HDD Regenerator allows to repair bad sector on damaged hard disk drives without losses of the existing data. It supports many types hard drives and can be used with any file system including FAT, NTFS, ext3, hfs+, etc. Unformatted and Unpartitioned disks are also supported”.

Cara Menjalankan Software HDD Regenerator

Setelah yakin bahwa hard disk telah terkena bad sector dengan menggunakan dua software yang saya sarankan (Crystal DiskInfo dan Hard Disk Sentinel) saatnya persiapan perbaikan hard disk bad sector secara software. Jika bad yang ditandakan kuning oleh Crystal Disk Info maka itu sebagai tanda kerusakan secara software dan gunakan HDD Regenerator, namun jika tanda bad sector dikenali oleh Crystal DiskInfo dengan warna merah itu artinya kerusakan berat. Sebaiknya ambil datanya saja tidak perlu diperbaiki karena akan membuang waktu puluhan jam bahkan berhari-hari.
Install dahulu HDD Regenerator versi windows (saya menggunakan versi 1.7.1), setelah itu jalankan pada windows. Gambar tampilan biasanya seperti ini :

Cara-Pakai-Software-HDD-Regenerator-1.7.1

Idealnya hard disk yang bad sector tersebut diletakkan sebagai hardisk ke 2 (secondary) hal ini dilakukan agar proses perbaikan bad sector diharapkan dapat bekerja secara optimal.
Selanjutnya klik :
1. Regeneration –>  Start Process Under Windows
2. Choose Drive to Process (pilih drive yang akan diproses)
3. Start Process
Setelah langkah no 3 (Start Process) muncul menu selanjutnya sebagai berikut:

Proses Berjalan Repair Hard Disk Bad Sector

Gambar Proses Persiapan Repair Bad Sector

Pada gambar tersebut hard disk yang akan di repair bad sector adalah berukuran 500 gb merek Seagate ST3500. Selanjutnya pilih :

1. Scan and Repair
2. Isikan nominal megabyte (mb) : isikan 10 dan tekan M
3. Biarkan proses berjalan proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Proses Repair Bad Sector Hardisk sudah 9 jam lebih

Proses Repair Bad Sector sudah berjalan 9 jam (lihat pojok kanan atas)

Sebaiknya proses repair hard disk bad sector dilakukan pada waktu yang tepat tanpa banyak kendala diperkirakan datang. Mungkin lebih enjoy jika dilakukan tengah malam setelah terbangun akhirnya proses sudah selesai.
Proses yang saya kerjakan ini ternyata membutuhkan waktu sekitar 9 jam lebih, Dan hasilnya memuaskan dan pekerjaan melakukan repair hard disk bad sector ini tidak sia-sia. Itulah cara ampuh memperbaiki hard disk bad sector. Semoga bermanfaat. Silahkan beri komentar seputar masalah bad sector ini.

Telah dibaca : 73398 kali

13 Comments

    • pesan tersebut bisa muncul baik menggunakan crystaldiskinfo ataupun sentinel dan pesan tersebut hanya bersifat spesifik terhadap result perbaikan hardisk dengan menggunakan kedua contoh software di atas. Jauh dari itu biasanya sudah terjadi data coruption serta cache data hardisk tidak mampu memberikan data total diakibatkan terjadinya kerusakan pembacaan data. Bisa juga koneksi antara hardisk dan mainboard saat proses perbaikan terjadi unstable reading saat prosesnya. Kalo ini mah status agak sulit. Ambil data aja deh.

  1. selamat siang gan.HDD saya 500GB
    gimana nie gan HDD saya udah 0 % healnya, tpi peformanya masih 100% itu saya cek di hardisk sentinel.
    apakah bisa gan di repair lagi ke heal yg lbih tinggi
    terimaksih

    • Halo Sandry David kasus seperti itu banyak ditemukan dan dialami. Kalo menggunakan parameter HDD Sentinel tak 100% harus sesuai. Karena itu sebagai parameter baku saja. Performa 100% biasanya hanya bisa diakses secara totalitas 100% sedangkan secara kualitas read sector by sector mengalami penurunan hingga 0%. Termasuk dalam hal telah mengalami bad sector yang parah. Sebaiknya menggunakan tools lain untuk meminimaliskan kondisi hardisnya seperti : victoria. Setelah itu coba gunakan HDD Sentinel kembali. Hasilnya memang ada peningkatan tapi hanya sedikit saja. Ok gitu aja deh. Terima kasih sudah berkunjung ditunggu kunjungan berikutnya.

        • dibiarin memang g pp, cuma sebaiknya semua data yang penting kamu copy ke hardisk lain (eksternal hardisk juga bisa, copy kan data yang penting saja) setelah itu selesai, semua partisi disikat (delete) bisa gunakan windows yang sehat (hardisk lain) lalu gunakan software seperti hd tune, atau easus partisi magis untuk mendelete partisi hardiskmu yang ada pesan “Current pending sector count” oke dicoba bro. Sukses.

  2. gan mau tanya? hdd ku reallocationnya sector & event countnya kena bad sector setelah di cek di hdd sentinel, apa bisa di repair pake aplikasi ini?

    • Bisa, pesan tsb bisa dihapus dgn sentinel. Dengan cara merubah point sector ke point tertentu. Reallocationnya lihat di menu sebelah kanan ada pengaturannya disitu.

  3. min, mau nanya. kasusnya gini ane lg copy data, gak sengaja kesenggol kabelnya jadi kecabut nah kemudian ane colokin lg dan hasilnya harddisk ex ane kebaca, ane coba ganti kabel, tetep gak bisa. coba ganti connector, masih gak bisa. dan waktu buka explorer lemot, waktu ane eject harddisknya lgsg normal lg, buka program apa aja jd normal. ane coba di cmdprompt gak bisa juga buat format/chkdsk. nah ane coba cek lewat disk management, nah disini keliatan, ane format lewat disk management, ane delete partisinya, trus di format. sukses cm jadi raw. ane eject trus colok lg ada notif harus di format, dicoba format lewat explorer, ditengah lg format ada notif windows cannot complete format atau apalah gitu ane lupa min. saya coba format lg lewat disk management sama juga, pake ease us juga sama ga bisa complete. mau coba cek pake sentinel malah health=’?’ temp= ‘?’. saya coba pake cmdprompt buat cek alhasil semua space bad :(. terakhir saya coba pake hdd reg v1.71, HDD ane kebaca 931Gb 1.953.455.805 sectors . nyari yg hdd reg pro susah admin punya ga? hahha. nah, ane coba scan and repair di kondisi 0. udah dari jam 10 pagi sampe jam 3 sore pas. yang udah terscan 3043 MB (6.234.064 sectors) 3702 bad sectors found, 3702 bad sectors recovered, ane sih masih bisa bersabar lah mau sampe besok atau lusa. dalemnya sih gak penting. yang penting HDD ex ane bisa di pake lagi min, mau ilang isinya gapapa. soalnya itu baru juga beli. gara gara karena waktu lg copy data eh kesenggol kabelnya jadi gak konek. maaf min kalo kepanjangan, biar tau kronologinya apa aja yg udah terjadi dan apa aja yg udah ane coba. Jadi,
    1. Bisa kah kalo misalnya HDD reg ini kelar, HDD ex ane bisa kepake lg?
    2. Ada alternatif lain kah min?
    3. Apa lg min yg harus ane coba? kalo misalkan HDD reg ini kelar? yg kepikiran di ane cuma cek pake sentinel.

    • Kalo pakai sentinel terbaca tidak sesuai yang diharapkan, itu berarti cuma corrupt pembacaan system hardisk secara software, bukan fisiknya. Coba hardisknya di coba dikomputer lain, pasang dengan cermat, biasanya sudah normal. Hal seperti itu sudah pernah ane alami. Kalo gak bisa juga, coba formatted by low format cari softwarenya di google. Semoga membantu ya gan. Maaf baru balas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*