Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Detek di Bios Komputer

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Detek di Bios Komputer

Salah satu masalah ketika memasang hardisk adalah tidak terdetek di Bios atau juga ketika sudah sampai tampilan di windows hardisk tetap saja tidak terdeteksi. Jika kita sering menjumpai kasus ini kemungkinan ada beberapa user melakukan tindakan seperti berikut :

  1. Memeriksa kabel data apakah terpasang dengan baik ke hardisk
  2. Memeriksa kabel power apakah terpasang dengan baik atau belum terpasang
  3. Memeriksa jumper hardisk
  4. Memeriksa kabel yang terpasang ke mainboard
  5. Memeriksa apakah adanya arus yang menandakan hardisk aktif bergetar ketika empat jari tangan menyentuh badan hardisk ketika komputer dihidupkan.

Ke – 5 langkah tersebut menurut saya sudah final untuk mengecek bila suatu ketika hardisk tidak terdetek baik di Bios maupun di Windows.  Apabila hal yang sama ini anda alami dan sudah mungkin melakukan lebih dari ke 5 langkah di atas tersebut mungkin anda akan bilang “hardisknya rusak”  walau hanya disebut dalam hati.

Jika poin nomor 5 empat jari tangan anda tidak ada merasakan getaran dari hardisk ketika hardisk mendapat power saat komputer dihidupkan, maka pastikan kembali untuk mengeceknya hingga pada akhir kesimpulan apakah hardisk benar-benar tidak terasa getarannya saat mendapat power ketika komputer di hidupkan. Bila jawabannya adalah “benar” tidak terasa adanya getaran pada hardisk ketika komputer dihidupkan maka kemungkinan pasti adanya resistor pada papan pcb hardisk yang mati atau terbakar.

Simpan saja hardisk yang ternyata kondisinya tidak ada arus masuk ke hardisk karena diapakan saja seperti langkah dari nomor 1 sampai nomor 5 akan percuma saja,

Copot Hardisk dari Kasing Komputer

Tapi tunggu dulu apakah benar sudah menyerah ? coba kembali melihat kembali hardisk tersebut dengan mencopot terlebih dahulu hardisknya. Lakukan dengan hati-hati agar proses mencopot hardisk tidak terjadi masalah misalnya jatuh / terlepas begitu saja.

Cek PCB dan Soket Data & Power Hardisk

Apa itu PCB ? pcb merupakan kumpulan rangkaian elektronik yang membentuk aliran satu sama lain saling  berfungsi. Tiap komponen satu dengan yang lainnya dalam gabungan rangkaian elektronik saling bekerja sama menginformasikan tugas kerjanya masing-masing. Baiklah perhatikan fisik bagian pcb dan soket kuningan data dan power hardisk apakah seperti pada gambar di bawah ini :

Cara-Memperbaiki-Hardisk-tidak-detek-di-bios

Gambar : Socket kuningan power dan data hardisk yang kotor

Dari gambar diatas adalah model hardisk sata (saya menggunakan model sata karena paling banyak dipakai). Terlihat socket kuningan power hardisk dan socket kuningan data nampak kotor seperti hitam-hitam.

PCB dan socket kuningan power dan data kotor

Gambar di atas tersebut menandakan kondisi soket dan pcb hardisk mengalami korosi kotoran udara dan panas debu yang menempel pada socket tersebut. Lama kelamaan akan menghitam dan membuat aliran arus yang masuk tidak sempurna masuk ke dalam hardisk. Inilah mengapa pada kondisi hardisk yang kotor pada socket kuningan power dan kuningan datanya sering membuat transfer pembacaan data secara elektrik terhambat oleh kotoran udara tersebut.

Bersihkan dengan Penghapus Pensil

Penghapus pensil merupakan bahan terbaik untuk membersihkan kotoran udara yang menempel pada kuningan socket hardisk. Sebagaimana juga digunakan untuk membersihkan kuningan pada memory komputer.

Bersihkan dengan maksimal hingga warna kehitaman yang menempel pada kuningan socket hardisk tersebut benar-benar hilang. Selain itu juga cek jika terdapat kotoran pada kuningan PCB hardisk juga harus dibersihkan.

Tidak perlu menggunakan lain selain penghapus kecuali sikat halus seperti sikat gigi namun di sini saya menyarankan bukan sikat gigi karena bahan sikatnya masih kasar. Setelah proses pembersihan kuningan selesai pasang kembali hardisk ke kasing komputer. Masukan kabel data dan kabel power secara benar pastikan itu semua benar-benar teliti.

Mulailah menghidupkan komputer setelah anda yakin proses pemasangan kabel data dan kabel power masuk ke hardisk secara sesempurna mungkin. Masuk ke menu bios dengan tekan F8 sebelum menuju windows. Lihatlah pada menu bios apakah hardisk terdetek ? jika benar-benar terdeteksi jangan keburu senang dulu.

Restart ulang dan masuk sampai windows benar-benar sudah muncul lalu bukalah explorer dan perhatikan apakah hardisk bisa terdetek dan terbaca dengan baik dengan cara explorasi data hardisk tersebut. Jika perlu bukalah folder-folder yang ada pada hardisk tersebut gunanya untuk memastikan bahwa semua data bisa diakses dengan baik.

Selama hardisk masih dapat di eksplorasi itu berarti data-data di hardisk masih dapat dibaca dan di backup seperlu mungkin.

Tetap Tidak Detek Walau Socket Kuningan Dibersihkan

JIka langkah-langkah di atas semuanya sudah dilakukan akan tetapi hasilnya hardisk tetap tidak terdetek kemungkinan yang diperlu dilakukan untuk memastikan adalah dengan cara :

  1. Hardisk dicoba di buka di komputer lain bila ternyata ternyata detek berarti cobalah menganti kabel data pada komputer sebelumnya.
  2. IC dan Transistor pada hardisk ada yang mengalami disfungsi atau tidak maksimal menerima perintah pada sirkuit elektronik pada pcb.

Artikel ini hanya mencoba menyampaikan kasus cara memperbaiki hardisk tidak detek di bios  komputer dengan ditambah kotornya pada permukaan socket kuningan hardisk. Bila tidak sama dan tidak mendapat jawaban dari langkah-langkah di atas tentu itu diluar tema pada artikel ini.

Ambilah yang bermanfaat semoga artikel cara repair hardisk tidak detek di bios mudah-mudahan memberikan informasi tersendiri dan menambah pengalaman khusus bagi saya sendiri juga kepada pembaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Silahkan beri komentar terkait dengan judul artikel ini dengan senang hati akan dijawab.

Telah dibaca : 15059 kali

8 Comments

  1. saya coba install 1 laptop lenovo, saya ke seting bios HDD tidak tapil di Bios, itu masalah dan cara bagaimana kita gunakan…………?

    • Halo Santos Pholly, artikel ini sebenarnya untuk hardisk pc, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk hardisk laptop. Jika hardisk laptop tidak detect di laptop, tetapi setelah dipindah ke pc ternyata detec bisa jadi controler bios pada laptop perlu dicek. Atur ulang pengaturan pembacaan HDD di bios laptop misalnya IDE atau SATA. Atau pemasangan hardisk ke laptop kurang sedikit pas. Cara paling pas mengecek kondisi hardisk good atau bad jadikan hardisk tersebut sebagai secondary pada PC. Lalu hidupkan PC, gunakan software cek kesehatan hardisk misal : Sentinel atau crystaldisk info. Jika tidak muncul di bios juga di windows kemungkinan hardisk sudah rusak. Semoga mencerahkan.

  2. Halo mas kencanaku
    HDD komputer saya ada 2
    primer 200 GB sekunder 1 TB
    skrng HDD sekunder 1 TB ga ke detect
    Memeriksa kabel data apakah terpasang dengan baik ke hardisk ( sudah )
    Memeriksa kabel power apakah terpasang dengan baik atau belum terpasang ( sudah )
    Memeriksa kabel yang terpasang ke mainboard ( sudah )
    Membersihkan PCB dengan penghapus pensil ( sudah )
    Memeriksa apakah adanya arus yang menandakan hardisk aktif bergetar ketika empat jari tangan menyentuh badan hardisk ketika komputer dihidupkan. ( sudah dan HDD berputar kencang )

    HDD saya beli januari 2017 mau diganti baru tetapi data saya hilang 🙁
    klo check IC dan transistor gmn mas caranya?

    • Halo Alzal18 apakah dua hardisk itu sudah dibalik bergantian ke primary ke secondary masing-masing deteck ? jika salah satu tidak deteck misalnya hardisk yang 1 tb itu di secondary kemungkinan ada beberapa faktor:

      1. Bila terjadi masalah arus ke bagian mainboard ada masalah sehingga pembacaan salah satu port sata tidak berhasil membaca baik
      2. Kondisi PSU (power suply) mungkin saja kurang kuat untuk membaca tambahan power ke salah satu power hardisk
      3. Ganti saja PSUnya yang wattnya lebih tinggi (max power,max pure) ada merek PSU 450watt beragam kadar mutu kabel, maupun sparepatnya

      Kondisi seperti itu sudah pernah admin alami, namun ketika akhirnya mengganti PSU yang lebih bagus, pure (contoh: psu acbell) semmua bisa ke deteck. Bisa juga mungkin ada kabel tambahan power sata yang di sambung pada kabel power psu itu kualitasnya buruk. Coba pakai PSU yang mempunyai lebih dari 2 port power satanya. Tentunya PSU yang pure deh. Hanya harganya agak mahal dari pada beli baru harga 100ribuan, mending beli yang harga minimal 400ribu ke atas.

      Solusi lainnya :
      Coba dulu hardisk 1tbnya ke komputer teman, deteck apa tidak? jika ternyata deteck berarti pastinya di komputer pertamanya itu (yang tidak bisa deteck hd 1tb seondary) bisa jadi power supply penyebabnya. Namun cek juga ppwer supply yang hendak di coba ke komputer lainnya. Semoga membantu ya .. 🙂 untuk cek ic dan transistor gunakan Avometer untuk cek arus.

      • terima kasih mas kencanaku atas jawabanya
        kmren saya coba pakai komputer temen saya
        pada bios alhamdulillah kedetect mas
        tapi pada windows belum kedetect

        spesifikasi komputer temen saya RAM nya 8GB
        apakah pengaruh?
        atau emg PSU nya?

        klo kedetect pada bios sebaiknya langkah berikutnya pa mas?
        matur suwun
        salam

  3. Gan, hdd saya gak kebaca di bios. Sy udah coba bersihin pake penghapus tetep gak mau. HDD nya berputar sebentar tapi kemudian bunyi tut dan lalu mati. Kemungkinan kenapa ya? Harus diapain gan?

    • Halo Hmd memperbaiki hardisk tidak detak memang gampang-gampang susah akan tetapi jangan membongkar dulu sebelum mencoba hal-hal yang sepele misal :
      – Cek bagian kabel
      – Cek kabel power yang masuk ke hardisk
      – Cek bagian mainboard apakah ada port yang kotor / korosi
      – Cek PSU bisa juga sebagai biang masalah, bisa karena kabel power yang lemah
      – Cek Bagian Kuningan port hardisk
      Kalo semua bagian ini sudah di cek tapi masih tidak detek hardisknya nah bagian ahli master urusannya.
      – Buka board hardisk
      – Cek apakah ada bagian port yang kotor atau korosi (kalo ada bersihkan dengan penghapus pensil)
      – Cek bagian kondensator hardisk dengan ukuran x1 cek bolak-balik (jika bolak balik arus plus dan min sama hasilnya) berarti rusak
      – Jika hardisk bunyi tek-tek, coba atur bagian as poros pemutar cakram piringan hardisknya
      Sekali lagi ini bagian para master, belum master jangan coba praktekan nanti malah amburadul

      Paling gampang cari hardisk dan seri yang sejenisnya untuk ditukar mainboardnya jika itu masalah pada harware elektroniknya. Oke semoga berhasil. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*