Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat

Hal yang paling sering dihadapi pengguna komputer adalah masalah lambatnya proses pemakaian komputer. Padahal masalah ini sering menjadi langganan para pengguna komputer baik itu masalah lambatnya proses komputer, lambatnya proses browsing, lambatnya proses exploring data dan lain-lain.  Mari kita telaah terhadap lambatnya proses komputer.

Analisa Software

Untuk mendeteksi proses pemakaian komputer yang lambat dapat digunakan suatu software yang bekerja dan dapat dipakai oleh windows segala versinya. Tugas dan fungsi sofware ini akan mendeteksi kendala-kendala apa saja yang mengakibatkan lambatnya penggunaan komputer.

Beberapa software tools yang akan saya sebutkan antara lain :

  1. Defrag Software (misal : auslogic defrag) bertujuan untuk memfragmentasi file-file yang ada di komputer, mengatur dan menyesuaikan data file sehingga memudahkan komputer untuk membaca data secara cepat.
  2. Malware Remover Tools (misal : spyhunter – enigmasoftware.com) diantara remover malware, spyware saya merekemondasikan ini. Hampir 95% masalah  malware yang mengganggu kenyamanan penggunaan data komputer, internet browsing, tuntas menggunakan spyhunter ini. Membasmi malware sampai pada registry.
  3. USBFIX sebuah software ringan sekali untuk mengecek virus shortcut, membantu masalah lambatnya proses pembacaan data, membasmi virus shortcut yang sering mengganggu sampai pada registry.

Ketiga software ini sudah cukup untuk mencegah dan menangkal datangnya malware, spyware, virus, dan software yang berjalan di balik layar ketika sedang browsing. Pernah jengkel ketika sedang browsing prosesnya lama dan lemot ? untuk masalah tersebut saya menggunakan spyhunter. Sampai saat ini spyhunter masih tetap menjadi andalan bagi saya sendiri.

Menggunakan antivirus seperti kaspersky, bitdefender, dan sejenisnya yaitu yang menggunakan flatform internet security bila koneksi internet anda rendah dan menggunakan antivirus tersebut (bebasis internet security misal Kaspersky Internet / Securit / KIS) akan menambah lambatnya proses browsing. Karena fungsi antivirus khusus internet security membantu melindungi dari malware ketika browsing akan tetapi cukup memberatkan karena ikut memonitoring suatu url  / website yang sedang anda buka. Apalagi membuka beberapa url / website sekaligus, bayangkan saja sendiri.

Analisa Hardware

Cara mengatasi komputer lambat tidak hanya ditangani melalui analisa software sebaiknya juga melakukan analisa hardware. Melakukan optimasi dengan tujuan mempercepat kinerja komputer akan sia-sia saja tanpa melakukan analisa software dan analisa hardware.

Beberapa  cara melakukan analisa hardware yang bertujuan untuk membantu proses kinerja komputer menjadi cepat antara lain :

  1. Melakukan pengecekan kondisi hardisk apakah volume hardisk penuh. Hapuslah beberapa program yang tidak terpakai (kurang bermanfaat) misalnya duplikat program, recycled / sampah data yang dihapus, software game.
  2. Melakukan pengecekan kondisi kesehatan hardisk. Penyebab komputer lambat secara hardware paling sering tidak disadari oleh pengguna komputer adalah masalah kondisi kesehatan hardisk. Cek apakah kondisi hardisk tidak sehat? apakah kondisi hardisk Badsector? terdengar bunyi aneh pada hardisk? Gunakan software cek kesehatan hardisk  (misal : CrystaldiskInfo, Hardisk Sentinel dll). Jika kondisi bad gantilah hardisk
  3. Cek kapasitas Ram komputer. Bila dirasa kapasitas ram komputer minim sebaiknya menambah ram untuk membantu kecepatan proses loading berjalan. Seperti halnya flashdisk yang berukuran 1gb, 2gb, 4gb bahkan sampai 32gb per kepingnya semakin tinggi kapasitas ukuran flashdisk itu semakin luas pula daya simpan datanya. Begitu juga pada Ram, semakin besar kapasitas ram nya maka semakin cepat pula proses kinerja komputer.
  4. Prosessor dan ram komputer yang dipakai sudah usang, masih menggunakan komputer jadul seperti Pentium IV sebaiknya upgrade komputer dari jadul menjadi lebih powerfull dan bertenaga. System Windows beserta software program pendukungnya selalu upgrade performanya sebaiknya pula komputer kita juga ikut di upgrade menjadi lebih tinggi dan kencang. Tak perlu harus beli baru komputer jika komputer seken yang kencang masih banyak dijual. Gantilah jika komputer yang masih dipakai ternyata sudah usang ke komputer yang lebih kencang dan modern. Tak harus baru tetapi jika punya beaya beli baru adalah keputusan pribadi.
  5. Jika tidak familiar dan tidak mengetahui cara menganalisa secara analisa software dan analisa hardware sebaiknya gunakan jasa teknisi komputer. Katakan saja bagaimana cara mengatasi komputer lambat menjadi cepat. Selesai.

Software dan program aplikasi tersebut silahkan mencari di Google. Semoga uraian analisa software dan analisa hardware ini bermanfaat dan akan senang sekali jika ada pengunjung mau menambahkan faktor lain supaya bagaimana mengatasi komputer lambat ?

Telah dibaca : 753 kali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*