Software Rufus Untuk Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk 4 gb

Software Rufus untuk cara install windows 7 dengan flashdisk 4 gb adalah cara yang akan dibahas kali ini. Ketika windows 7 atau windows versi di atasnya seperti windows 8, 10 anda kesulitan menginstall windows karena suatu hal misalnya : dvdrom rusak, cd instalasi windows anda juga rusak, atau tidak mempunyai usb dvdrw eksternal ketika netbook windows anda harus di install ulang.

Artikel ini hanya membahas bagaimana menggunakan Rufus sebagai software pendukung agar flashdisk dapat dijadikan sebagai sistem booting windwos 7. Selain itu file ISO Windows 7 harus dipunyai dengan cara mendownload atau dengan cara termudah tanpa download. Baca terus artikel dengan seksama semoga bermanfaat.

Syarat Install Windows 7 Dengan Flashdisk

  • Flashdisk masih kondisi baik dan normal
  • Flashdisk berukuran minimal 4 gb
  • Flashdisk jika terdapat data penting silahkan dipindahkan dulu
  • Menggunakan salah satu contoh program seperti : Rufus silahkan kunjungi
  • Menggunakan Program ISO untuk membuat file ISO Windows 7  contoh : Power ISO dan lainnya

Software Rufus menjadikan flashdisk dapat dijadikan sytems booting untuk install windows 7 atau windows versi 8 atau windows versi 10. Saya gunakan “Rufus” karena ukurannya ringan dan gratis 100% tanpa hide cost. Sedangkan sofware ISO seperti Power ISO untuk membuat file ISO Windows 7

Cara Pakai Power ISO Membuat File ISO Windows 7

Sebelum menggunakan Rufus ada baiknya gunakan Power ISO terlebih dahulu. Software ini dibutuhkan untuk membuat file ISO Windows 7 maka penting rasanya untuk memakai salah satu software image pendukung file ISO ini. Silahkan berkunjung Software Power ISO jika belum memiliki software tersebut. Berikut langkah dan keterangan cara pakai power ISO dengan gambar :

  1. Masukan CD Program Setup Windows 7 ke DVDROM pastikan kondisi antara CD dan DVDROM nya masih berfungsi dengan baik. Tutup jika autorun windows 7 berjalan.
  2. Buka software Power ISO.
  3. Klik Tools
  4. Pilih Make CD/DVD/Blue-ray Image File …
  5. Setelah menu CD/DVD/Blue-ray Image File terbuka, cari di menu tersebut destination file dan pilih iso karena akan membuat iso file.
  6. Pada bagian bawah masih dari menu tersebut ada gambar folder kuning berfungsi untuk menaruh file iso akan diltetakan di drive dan folder  yang dimaksud. Sebelumnya pastikan drive nya masih mempunyai space lebih dari 4 gb.
  7. Namakan sesuatu pada file ISO yang akan dibuat, contoh : windows7.iso  atau terserah yang pasti ada akhiran filenya .iso
  8. Tunggu proses biasanya hanya beberapa menit.

Lebih jelasnya silahkan melihat dan meneliti gambar proses penggunaan software Power ISO pada gambar berikut ini :

cara-menggunakan-software-power-isoContoh Proses Penggunaan Power ISO. Klik perbesar

Jika sudah selesai membuat file ISO dan contoh file nama sudah diberikan misalnya : windows7.iso maka langkah selanjutnya adalah menggunakan software Rufus.

Cara Pakai Software Rufus Untuk Booting Flashdisk

Terlebih dahulu masukan Flashdisk pada port usb komputer / laptop agar program Rufus otomatis telah membaca destination drive secara cepat. Buka Rufus dan langkah-langkahnya akan diuraikan sebagai berikut :

cara-menggunakan-software-rufusContoh Software Rufus. Klik perbesar

Untuk menggunakan program Rufus ini bila sesuai dengan langkah-langkah diatas tadi maka setelah muncul menu software Rufus yang harus dilakukan hanya mengklik button bergambar cd seperti contoh gambar di atas tersebut. Lalu tentukan arahkan pada file iso yang sudah tadi dibuat. Dalam artikel ini contoh file adalah : Windows7.iso.

Setelah selesai mengarahkan file windows7.iso. Klik Start dan tunggulah sampai pada proses status bar berjalan menepi sampai kanan artinya itu sudah selesai prosesnya. Klik Close untuk menandai akhir dari pemakaian software Rufus.

Maka selesailah membuat image ISO file dengan nama windows7.iso tadi. Sekarang cobalah test dengan terlebih dahulu restart komputer dan masuk pada menu bios tentukan pembacaan system booting windows ada pada Flashdisk yang tadi telah digunakan untuk membuat file ISO Windows tadi.

Sedikit tambahan, jika belum mengetahui cara memprioritaskan flashdisk menjadi pembacan system booting pertama, maka setelah restart tekan tombol DEL / F2 berkali-kali sampai menu BIOS muncul. Cari menu Booting, saya asumsikan pada menu bios di komputer system booting pertama saya tentukan flashdisk dengan mengubah Hard Disk Priority atau First Boot semua ini tergantung contoh menu BIOS yang dipunyai komputer atau laptop masing-masing. Untuk mengubah pada posisi first boot biasanya ditekan tombol F6 dan F5 untuk menurunkan target posisi system pembacaan booting.

Kesimpulan Fungsi dan Tujuannya

Bila CD Setup Windows 7 ternyata rusak atau tidak punya maka cara yang paling sederhana tentunya meminjam CD Setup punya  teman saja copy disk saja.Apabila ada di kota tempat berasal ada gerai sewa CD Program biasanya dekat kampus cobalah sewa.

Sekali lagi langkah ini dikhususkan bagi siapa saja yang ingin install windows 7 dengan flashdisk saja jika anda sudah punya cd setup windows 7 yang masih baik dan dvdrom yang juga kondisi masih baik maka sudah tentu tidak akan kesulitan. Software Rufus untuk cara install windows 7 dengan flashdisk ukuran 4gb mudah-mudahan dapat memberikan sedekah informasi. Sedikit sumbangsih ini rasanya belum apa-apa dibandingkan dengan ilmu yang bermanfaat. Silahkan berkomentar perihal sesuai tema artikel ini.

Telah dibaca : 1422 kali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*