SOLUSI FAN PROCESSOR LAPTOP AXIOO TIDAK BERPUTAR

Solusi fan processor laptop axioo tidak berputar. Ketika laptop atau netbook mengalami panas yang berlebihan maka yang terjadi beberapa masalah pada laptop tersebut. Apa saja yang terjadi ketika laptop atau netbook anda mengalami panas yang berlebihan :

  1. Laptop / Netbook menjadi panas
  2. Kinerja laptop mengalami masalah saat panas
  3. Laptop bisa mengalami mati mendadak
  4. Kerusakan dapat saja terjadi pada mainboard
  5. Proser copy file atau saat browsing terasa lambat dan sebagainya

Saat mengalami panas yang berlebihan, maka suhu pada area mainboard mengalami panas yang berlebihan dikarenakan pengatur suhu sirkulasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itulah yang memicu kestabilan kinerja mesin laptop tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Masalah utama pada kasus laptop menjadi panas maka hardware yang panas adalah hardware processor. Jika processor tidak dapat menerima sirkulasi secara baik, maka processor tersebut akan mengalami panas yang berlebihan. Fungsi processor itu sendiri tidak lain memberikan data informasi pada keseluruhan hardware pendukungnya. Processor tidak bekerja sendiri dalam prosesnya melainkan membutuhkan hardware lain seperti Ram, Board, dan lain-lain.

CARA CEK FAN PROCESSOR NORMAL ATAU TIDAK

Untuk mengetahui fan processor apakah masih normal atau tidak dibutuhkan beberapa alat sederhana sebelum mengganti fan processor yang dianggap mungkin mati mendadak.  Untuk tes fan processor laptop masih normal atau tidak dapat dilakukan beberapa hal berikut :

  1. Ambil fan processor yang baru atau yang lama
  2. Kepala Charger HP Portable (terpisah bukan yang sudah tersambung kabel data)
  3. Kabel charger HP
  4. Potong kabel charger HP bagian usb kecil (bukan ujung USB standar besar)
  5. Setelah dipotong kuliti kabel tersebut sehingga kabel merah dan hitam terlihat serta serabutnya.
  6. Pada fan terdapat sticker penutup fan tersebut, buka sedikit stiker tersebut maka akan terlihat 3 jalur kabel menempel ke fan processor (merah, hitam dan kuning).
  7. Colokan kepala charger ke listrik berikut kabel USB sudah ditancapkan ke kepala charger
  8. Ujung kabel charger yang tadi sudah dipotong tado, sentuhkan ke warna masing-masing yaitu merah ke merah, hitam ke hitam
  9. Jika ternyata berputar berarti fan processor tersebut bekerja normal, jika tidak silahkan diganti yang baru dan normal.
  10. Selamat fan processor sudah normal dan laptop siap digunakan.

FAN PROCESSOR TETAP TIDAK BERPUTAR WALAU SUDAH DIGANTI BARU

Jika menemui masalah kasus seperti itu yang sudah benar-benar melakukan riset cek secara benar, maka kemungkinan pasti terdapat masalah pada jalur fan laptop tersebut. Artikel ini untuk jalur fan processor laptop Axioo Pico baik CJM atau PJM. Karena setiap jalur fan processor pada mainboard laptop berbeda letaknya. Merek Axioo, Acer, Toshiba, Asus mungkin saja berbeda letak jalur fan processor.

Untuk mengatasi masalah fan processor tetap tidak berputar walau sudah diganti baru berikut saya berikan tutorial bagaimana cara mengatasi fan processor tetap tidak berputar walau sudah diganti baru.

  1. Buka bagian casing laptop axioo sehingga dapat melihat mainboard laptop axioo jalur fan processornya.
  2. Dekat dengan fan processor terdapat IC berkaki Delapan.
  3. Cek fisik IC tersebut bagian atas terdapat bulatan dekat dengan kaki-kaki IC hal itu menandakan posisi jalur kaki 1, kaki 2, kaki 3, kaki 4 dan seterusnya jalur kaki di sampingnya.
  4. Hidupkan laptop tanpa keyboard terpasang agar dapat melihat putaran fan processor berputar atau tidak.
  5. Setelah hidup, sentuhkan obeng minus ke kaki IC berkaki Delapan tersebut ke jalur kaki nomor 2 dan jalur kaki nomor 3 jika setelah disentukan dengan obeng tadi ternyata fan berputar dan matikan laptop dan cabut kabel charger laptopnya.
  6. Selanjutnya sambungkan jalur kaki IC no 2 dan no 3 dengan cara menyolder sehingga solderan tersebut terlihat terkait dengan kaki IC nomor 2 dan nomor 3.
  7. Ingat yang di solder adalah kaki nomor 2 dan kaki nomor 3 usahakan hasil solder sudah benar hanya mengenai jalur kaki nomor 2 dan jalur kaki nomor 3.
  8. Jika setelah disolder jalur kaki nomor 2 dan kaki nomor 3 kemudian laptop dihidupkan fan processor dapat berputar maka bersyukurlah pekerjaan servis laptop Axioo kasus fan processor tidak dapat berputar walau sudah diganti baru, it’s done alias selesai.
  9. Selamat laptop Axioo Pico Fan Processor sudah dapat bekerja normal
  10. Terima kasih kepada Alloh SWT

Untuk lebih detailnya silahkan lihat gambar proses soldering IC kaki nomor 2 dan kaki nomor 3 dibawah ini.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kasus fan processor laptop axioo tidak berputar meskipun sudah mengganti fan baru sekalipun.


Telah dibaca : 113 kali

  1. Kurniawan says:

    Salam,

    Salam kenal, saya Kurniawan dari FatnerLink.
    Saat ini kami ada kebutuhan placement content dan saya lihat blog Anda terlihat bagus

    Jika tertarik bekerjasama dengan kami, mohon info rate (harga) per posting.

    Regard,KurniawanDigital Marketing
    Email : mkurniawangsk@gmail.com
    Call/WhatsApp : 0819 0507 8173

    • admin_kencanaku says:

      ya beda tentunya. brand tertentu tidak mau sama. penanganannya jika laptop / netbook alami heat panas berlebihan, coba cek terlebih dahulu sirkulasi pembuangan panas pada setiap laptop. posisinya berbeda beda, ada yang disamping, ada juga juga di bawah body laptop / netbook. bisa juga kita dekatkan telinga ke posisi pembuangan sirkulasi fan. Bila tidak terdengar bising suara kipas fan nya, maka dipastikan yang bermasalah pada fan laptop / netbook tersebut yang menyebabkan laptop / netbook jadi panas. Ok terima kasih Blitar Web semoga jaya terus usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>