Tips Install dan Download Driver Mainboard Komputer

Tips install dan download driver mainboard komputer adalah dengan menggunakan driver cd bawaan mainboard yang tersedia. Namun bagaimana jika cd driver tidak tersedia ? hal yang sering dilakukan para pengguna komputer / laptop adalah ketika menemukan masalah driver yang tidak terpasang secara baik. Sehingga driver salah satu dalam instalan windowsnya tidak aktif.

Hal yang biasa dilakukan adalah mencari solusi driver baik secara online maupun secara offline. Kenapa pakai istilah driver secara online atau secara offline. Jika secara online sudah pasti ketemu asal mencatat dahulu seri mainboardnya, merek dan versinya serta system windows apa yang dipakai. Tentu pengertian ini harus mengetahui tips install dan download driver mainboad komputer dan cara pakai dahulu dengan terlebih dahulu mencari nama driver yang dimaksud. Jika secara offline berarti cari driver cd jika dirasa pernah memilikinya atau dengan cara lain pinjam driver sama teman.

Tips mencari nama driver di internet

Beberapa alamat situs penyedia driver secara online banyak ditemukan apabila misal driver mainboard mereknya adalah ECS maka cobalah cari nama driver nya disertai nama kata ECS. Misal “driver H81H3-M4 ECS” nama H81H3-M4 itu adalah contoh nama seri mainboard merek ECS biasanya nama serinya dapat ditemukan di bagian mainboardnya atau pada dus packingnya.

Mendapat driver serta tips install dan download driver mainboard komputer pada  situs penyedia melalui situs resminya adalah lebih disarankan namun juga diluar penyedia tersebut bisa juga digunakan. Pada saat ini driver mainboard sangat mudah ditemukan berdasarkan merek dan nomor serinya. Pabrikan mainboard yang terkenal dan valid biasanya memberikan kode nomor seri mainboardnya berserta versinya. Namun terkadang ditemukan mainboard komputer tidak terdapat nomor seri driver mainboardnya hanya terdapat merek saja. Pernah temukan kasus ini?

Sebenarnya ada cara lain atau alternatif terbaik untuk  mengaktifkan driver agar dapat berjalan baik pada system windows yang dipakai. Uuntuk hal tersebut saya kategorikan kepada 3 (tiga) macam cara yaitu :

  1. Menggunakan CD driver bawaan mainboard
  2. Mendapatkan driver melalui download driver mainboard komputer
  3. Menggunakan software otomatis driver segala merek mainboard

Untuk poin nomor 1 diatas saya rasa mudah sekali mengaktifkan driver karena semua software drivernya sudah disediakan dalam satu CD tersebut tinggal klik kata setup dalam cd tersebut selanjutnya ikuti saja perintahnya.

Untuk poin nomor 2 seperti yang saya uraikan diatas cukup mencatat merek mainboardnya, nomor serinya dan versinya serta system windows versi apa yang dipakai. Setelah benar tercatat silahkan cari di internet dengan mengetikan kata driver disertai nomor seri mainboardnya serta versinya dan diakhiri nama mereknya. Contoh : driver H81H3-M4 ECS maka akan terpampang beberapa driver yang tersedia di sana baik dari resmi ECS juga diluar penyedia driver yang dimaksud.

Untuk poin nomor 3 ini sangat kompleks karena penyedia software auto deteck driver baik untuk komputer dan laptop semua tersedia. Masalahnya bagaimana mengetahui software auto detect driver yang tepat dan ramah serta bagaimana menggunakan softwarenya. Dari pengalaman yang ada memang ada beberapa penyedia software auto detect driver yang sangat mudah dan benar-benar dapat diandalkan akan tetapi juga ada penyedia software auto detect driver yang sedikit berbelit-belit. Perlu mengetahui tips install dan download driver mainboard komputer sehingga proses install akan mudah dan berhasil.

Penyedia software auto detect driver

Langsung saja berikut penyedia software auto detect driver mainboard komputer / laptop yang sering saya gunakan hingga saat ini dan tanpa berbelit-belit.

  1. 3 DP Chip Windows 7 (32/64 bit), Windows 8
  2. SkyDriver V11 untuk Windows 7, Windows 8
  3. WanDrv(x86) untuk windows 32 bit, WanDrv(x64) untuk windows 64 bit

Ketiga penyedia software auto detect driver tersebut di atas sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Untuk 3 DP Chips harus via online dan disediakan link downloadnya ini jika sudah mentok cari driver secara online tidak ketemu coba gunakan 3 DP Chip. Untuk SkyDriver dan WanDrv driver cukup jalankan saja pilih jenis media driver yang dimaksud setelah selesai driver otomatis sudah terinstall.  Jika belum berhasil install driver menggunakan software auto detect driver nomor 2 dan 3 itu mungkin download pada seri terbarunya. Akan tetapi selama saya menggunakan kesemua penyedia software auto deteck driver diatas selama ini saya anggap sukses tanpa kendala. Cukup mudah bukan.

Masih banyak tersedia di internet software auto detect driver yang juga sudah banyak dipakai. Bagi saya ketiga software auto deteck driver diatas sudah cukup dan tanpa ribet. Tips install dan download driver mainboard komputer sebenarnya banyak ditemukan, akan tetapi saya lebih suka menggunakan cara yang saya pakai ini dan sudah bertahun-tahun penyedia software nya tetap update beserta website resminya masih tersedia.

Saya berharap artikel tips install dan download driver mainboad komputer ini dapat memberikan masukan yang berarti terutama bagi yang masih kesulitan mengaktifkan driver komputer pada windowsnya. Semoga bermanfaat.

Telah dibaca : 1028 kali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*