Virus Komputer Berbahaya Yang Perlu Diketahui Orang Banyak

virus komputer berbahaya yang perlu diketahui orang banyak

Virus Dunia komputer paling berbahaya sering menjadi bahan pembicaraan dalam banyak pemberitaan baik dari pengguna maupun dari pemberitaan media. Saat menggunakan komputer tiba-tiba saja terjadi hal-hal aneh dalam prosesnya dimulai dari lambatnya proses komputer, tidak bisa membuka suatu website tertentu, tidak bisa membaca data, manipulasi data file pada komputer, ukuran file yang berubah menjadi besar,  akses eksekusi program yang tergganggu oleh virus dan masih banyak lagi.

Tahukah sebenarnya mengapa virus itu mengganggu kerja anda pada atau laptop sekalipun? sebenarnya jika dikaji program windows yang kita pakai ini sekarang merupakan kumpulan dari hierarki program listing yang satu sama lainnya saling terkait. Ada perintah ini dan ada perintah itu semuanya dapat diperintah oleh sebuah nama yang disebut dengan  “program”.

Begitu juga virus merupakan kumpulan perintah yang dapat saja melakukan perintah yang diminta si pembuat virus, bersifat aktif tetapi juga bersifat pasif. Ada virus bisa aktif manakala pengguna melakukan suatu perintah yang dia tidak tahu bahwa apa yang dia klik merupakan tanda beraksinya virus.

Daftar Virus Berbahaya Dalam Sejarah

Berikut ini saya mencoba memberikan data virus yang berbahaya dalam sejarah berdasarkan informasi dunia virus. Ada virus yang menjadi andalan dalam aksi spinonase dari suatu negara ke negara lain. Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah Daftar virus yang berbahaya dalam sejarah :

Virus Stuxnet

Pernahkan anda ingat virus “Stuxnet” yang sempat menggemparkan dunia manakala virus ini menyerang negara nuklir seperti Iran dengan tujuan masuk ke situs rahasia negara yang ternyata virus itu disebut-sebut virus buatan negara Israel. Virus yang dimaksud adalah “Stuxnet” walau dalam perkembangannya israel membantah bahwa virus itu buatan negaranya. Kejadian ini juga disebut dengan istilah “Cyberwarfare” beberapa struktur program nuklir Iran rusak oleh virus Stuxnet ini sehingga mengganggu pengembangan nuklir di negara Iran akibat ulah virus tersebut.

Virus Mellisa

Nama Mellisa sebenarnya tidak ada sangkut pautnya terhadap virus yang dinamakan virus Mellisa ini. Anda tentunya masih ingat virus yang sempat heboh di Indonesia sekitar tahun 2006 lalu adanya virus “Riani Jangkaru”. Virus Mellisa ini juga sebenarnya merupakan nama seorang Penari Sex yang dikenal di Amerika tepatnya dari  Florida dan orang yang membuat virus ini mengilhami nama Mellisa sebagai virus buatannya. Dialah David L Smith orang yang membuat virus Mellisa.

Virus ini diaplikasikan pada file Microsoft Word tentang bagaimana cara masuk ke situs dewasa beserta passwordnya tanpa harus berlangganan. Namun begitu orang mendownloadnya dan membuka file tersebut terjadilah beberapa file dokumen word lainnya ikut rusak akibat ulah virus mellisa ini. Selain itu virus ini juga secara automatis memberikan informasi langsung ke beberapa email manakala si pengguna komputer yang telah membuka virus ini dalam network internet aktif.

Virus I Love You

Virus yang dianggap ganas ini cukup memberikan kekhawatiran di beberapa negara khususnya di luar Indonesia. Bagaimana tidak virus ini ganas disebut demikian karena dapat merusakan sistem komputerisasi di dunia khususnya pada akses internet. Menyebabkan banyak kerugian hingga miliaran dollar karena lumpuhnya dunia secara online melalui informasi email perusahaan.

Nama pembuat virus ini diketahui berasal dari negara Filipina dan pelakunya berjumlah 2 (dua) orang yaitu Reonel Ramones dan Onel De Guzman keduanya merupakan programmer komputer. Ulah virus ini mengajak orang lain untuk mendownload file bernama I Love You dan ketika di download serta di buka akan langsung menyebar ke beberapa alamat email. Si penerima email ketika membuka email tersebut maka otomatis email yang lainnya akan berubah dengan sendirinya. Selain itu virus I Love You dapat menyebabkan kegagalan booting komputer atau laptop anda. Waspadalah !

Virus Mydoom

Virus Mydoom adalah beberapa baris teks dan program yang apabila di eksekusi menjadikan bencana cukup besar pada komputer khususnya pada masalah pengiriman email. Setelah diselediki virus ini memang tidak jelas siapa pembuatnya tetapi diyakini dia pembuat virus merupakan orang bayaran atas permintaan pihak tertentu. Virus ini sudah berkembang menjadi berita sejak tahun 2004 silam.

Virus Mydoom merusak hampir semua file program di windows seperti file word, file multimedia, file txt, file program windows lainnya. Contoh kerusakan seperti misalnya file word menjadi seperti ini “laporan.doc menjadi laporan.G.exe” , program notepad menjadi mydoom.AA.exe dan sebagainya. Virus ini merupakan bagian dari kelompok virus malware.

Virus CriptoLocker

Virus ini adalah bagian dari Trojan Horse Ransomware dan hanya berjalan pada system operasi windows. Daya serangnya hampir sama dengan virus I Love You seperti pada email setelah itu dia (virus tersebut) berenkripsi menyebar ke beberapa system root windows dan mengakibatkan cukup parah pada kerusakan program.  Walau virus ini sudah tidak begitu sering muncul lagi tetapi variannya bermunculan hingga kini. Virus ini hanya aktif saat terkoneksi jaringan internet.

Virus Flash Back

Sejak kemuncullannya virus ini pada tahun 2011 lalu tepatnya di negara Amerika, virus ini menyebabkan file flash (seperti adobe flash) dan sejenisnya akan berenkarnasi menjadi file flash palsu. Sehingga orang mengira program flash ini adalah file adobe flash namun sebenarnya file ini bila dipakai akan menjadikan semua file flash di komputer akan rusak secara keseluruhan.

Adalah komputer Mac yang pertama kali menjadi bagian target sasaran pada virus flash back ini. Sebagaimana diketahui komputer Mac adalah mempunyai ketahanan yang kuat terhadap virus di dunia. Namun baru virus ini yang berhasil masuk memalsukan file yang bernama flash. Konon pihak Mac mengakui telah terinfeksi akibat ulah virus ini sebanyak 600.000 file merusak dalam sistem komputer Mac.

Virus Sasser

Virus ini sama halnya dengan virus yang mengganggu sistem pengiriman dan penerimaan email secara terhubung jaringan internet. Pembuat virus ini berasal dari negara Amerika, Sven Jaschan seorang mahasiswa ilmu komputer di negeri itu.  Ulah virus ini dapat menyebabkan komputer jadi lambat, rusaknya beberapa program dan sulit di restart secara software.

Virus Zeus

Virus ini disebut sebagai virus kriminal oleh FBI Amerika karena sifat virus ini  mencuri data alias melakukan phising  penipuan pada akun-akun terkenal lainnya. Muncul sejak tahun 2009 lalu virus ini berhasil meretas ribuan akun FTP di Amerika sehingga banyak pemilik akun mengalami kerugian besar. Menyosor pada perusahaan besar seperti bank of Amerika, Amazon, Cisco, Oracle dan lain sebagainya.

Akibat ulah virus ini ratusan orang tertangkap tangan akibat melakukan penipuan dengan mencontoh kerja virus Zeus ini. Akan tetapi hanya mereka yang paham program virus ini dijadikan senjata melakukan tindak kriminal.

Penyebaran Virus di Indonesia

Beberapa Daftar virus yang berbahaya dalam sejarah tersebut merupakan kisah virus yang pernah menghebohkan dunia. Hingga saat ini beberapa virus tersebut memang sudah tidak tenar lagi akan tetapi ada beberapa lainnya yang masih menjadi bintang perusak sistem komputer windows saat ini.

Untungnya virus-virus tersebut pernah ada dan beroperasi hanya berada di luar Indonesia tetapi varian-variannya mungkin mengembangkan diri serta menjadi momok yang mengkhawatirkan terhadap laju kembangnya dunia usaha dan keamanan dalam penggunaan jaringan internet dunia. Semoga dapat diambil manfaat yang cukup dari artikel  virus komputer berbahaya yang perlu diketahui orang banyak

Telah dibaca : 239 kali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*