Website WordPress alami 404 Not Found

Website WordPress alami 404 Not Found mungkin pengguna wordpress pernah mengalami masalah 404 not found ? atau mungkin saat ini sedang mengalami hal yang sama yaitu 404 not found. Jika betul mungkin saya bisa membantu permasalahan tersebut berdasarkan yang pernah saya alami.

Awalnya saya merubah url alamat website yang sebelumnya tanpa menggunakan “www” kemudian saya rubah pada dashboard wordpress yang semula nama website yaitu : http://namadomainsaya.com saya  menambah ‘www” sebelum http://namadomainsaya.com menjadi http://www.namadomainsaya.com. Setelah selesai saya save dan langsung mencoba membuka url websiste saya tersebut.

Cukup terkejut saya ketika melihat tampilan website tidak tampil sebagaimana mestinya, tidak ada tampilan apa-apa hanya kosong alias putih istilah lainnya “blank”. Berusaha tenang saya coba melakukan pengecekan di sana-sini ternyata akhirnya saya menyerah. Login dashboard isi username dan password sama saja.

Ternyata setelah website saya diamkan beberapa hari kisaran dua hari saya buka kembali alhamdulillah website sudah normal. Saya login dashboard isi username dan password akhirnya bisa sebeperti biasanya. Website tampak normal. Namun ketika saya membuka halaman setelah ternyata terdapat pesan “404 not found”. Memang perlu perjuangan lebih keras lagi.

Mencoba menambah plugin tentang broken link alias link yang rusak belum membantu juga. Mencoba masuk ke akun google websmaster tool juga tidak ditemukan crawl error pada website saya ini. Google mengatakan website saya tidak mengalami crawl error atau perayapan terhadap website saya pada link url nya tidak ditemukan masalah.

Ini Solusi 404 not found pada wordpress

Saya ucapkan terima kasih kepada blogger yang mana saya mampir ke websitenya ternyata juga mengalami hal saya sama seperti saya. Diapun mengisahkan pengalaman yang sama dan solusi yang dia dapat juga dari website lain. Tanpa menunggu waktu lama saya login ke cpanel tampat saya menaruh data di hosting berbayar.

Temukan file httaccess.txt pada file manager dan jika sudah ketemu rubah yang semula 0644 dirubah menjadi 0666 save dan coba login ke dashboard wordpress dengan mengisi username dan password terlebih dahlu. Buka halaman Setting –> Permalinks kemudian atur kembali pilihan apakah opsi Post Name atau Custom Structure. Sekarang buka website yang mengalami 404 not found dan eksplorasi salah satu halaman / page . Biasanya  pesan 404 not found tidak muncul lagi alias website halamannya bisa dibuka dengan baik dan sempurna.

Ini gambarannya :

Website WordPress alami 404 Not Found

Website WordPress Alami 404 Not Found

Kesimpulan :

Merubah url website pada dashboard wordpress baik menambah “www” sebelum nama domain atau menghilangkan “www” pada domain milik anda ternyata bisa mengakibatkan masalah seperti yang saya alami tadi. Mungkin versi website wordpress saya belum saya update sebelumnya.

Mengatasi pesan 404 not found bisa jadi karena crawl error pada website dan dapat ditemukan di akun google websmaster milik anda.

Pesan 404 not found ternyata juga bisa diatasi hanya merubah angka default file .httaccess.txt yang semula 0644 dirubah menjadi 0666 lakukan save dan coba buka kembali. Jika sudah normal kembalikan dari 0666 ke defaultnya 0644.

Kemudian atur kembali permalink pada wordpress apakah opsi pada Post Name atau Custom Structure.

File .httacces hanya berada pada folder file manager di cpanel tempat hosting berbayar berlangganan.

Mudah-mudahan uraian artikel yang saya buat ini bermanfaat dan dapat disebarluaskan karena informasi ini serta solusinya juga saya dapatkan dari berbagai sumber seperti yang saya ceritakan tadi di atas.

Berikan komentar jika ingin memberi komentar atau ingin sekedar berbagi pengalaman Website WordPress alami 404 Not Found.

Telah dibaca : 341 kali

6 Comments

    • Cara yang saya maksud ini sudah teruji dan kesaksian dari teman-teman lain juga alami yang sama dan praktekkan seperti ini bisa. Namun diakui juga masih ada cara lain yang bersifat alternatif dari cara yang lain. Coba cek lagi deh semoga sukses. .. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*