0

Plugin Theme Hosting Bisa Penyebab Loading Website Lambat Sekali

Plugin theme hosting bisa jadi sebagai penyebab loading website menjadi lambat sekali hal ini perlu dilihat dari berbagai beberapa tools pelengkap yang ada pada website yang berbasis CMS WordPress. Plugin dalam wordpress kehadirannya tidak dapat dipisahkan begitu saja selain itu sebagai pelengkap tools yang keberadaannya sangat penting. Beberapa plugin barangkali dapat digolongkan sebagai plugin yang penting sementara sebagiannya sebagai pelengkap saja.

Plugin Yang Penting Digunakan WordPress

Dalam wordpress tanpa plugin adalah hal yang tidak mungkin, anda perlu melengkapi beberapa plugin yang penting saja seperti : akismet, wp super cache, google analytics dashboard, seo by yoast, broken link checker, seo friendly images, contact form7, WP Live Stats, floating social bar dan sebagainya. Plugin tersebut merupakan optional saja karena banyak sekali jenis-jenis nama plugin yang fungsinya sama hanya berbeda fungsi dan kemampuan plugin tersebut.

Berawal dari loading website yang lambat

Apa penyebab loading website menjadi lambat ? penyebabnya bersumber dari berbagai macam faktor yang perlu diketahiui diantaranya sebagai berikut :

  1. Faktor Theme (tema website yang dipakai) tidak responsive, tidak fast loading, ukuran file theme melebih 1 – 2 mb, cobalah gtmetrix.com untuk melihat hasil ukuran theme yang dipakai, berapa lama loading website. contoh gtmetrix.com dan google pagespeeds.
  2. Faktor Plugins (terlalu banyak plugin yang dimuat / di install dalam website wordpress). Gunakan plugin yang berkompeten pada fungsinya masing-masing, jangan menggunakan lebih dari 1 plugin yang fungsinya satu sama lain sama fungsinya.
  3. Faktor Hosting (Hosting yang lambat) hosting yang tidak mempunyai reputasi yang baik, baik dari segi kecepatan, maupun layanannya. contoh hosting yang terpercaya.
  4. Faktor Kapasitas paket hosting terlalu kecil, sehingga mempunyai keterbatasan dalam hal menyimpan media, perangkat theme dan pelengkapnya dapat menyebabkan loading website menjadi lambat.
  5. Faktor Traffic. Jika mengalami traffic yang begitu besar pada website wordpress anda, diperlukan eskpansi jenis hosting melalui paket VPS (Virtual Private Server) artinya anda mempunyai server hosting tersendiri sehingga loading website menjadi cepat.
  6. Faktor Images pada media libray wordpress anda belum dimaksimalkan atau diminimalisir ukuran image sizenya. Ada plugin yang mengatur dalam hal ini seperti : wp-smush it, tiny PNG dan lain-lain.
  7. Faktor Caching pada website wordpress belum diatur. Gunakan plugin seperti : W3 Total Cache, WP Super Cache dan lain-lain.
  8. Faktor CDN. Tidak adanya fungsi Conten Delivery Network (CDN) seperti : Max CDN dan sebagainya.
  9. Faktor terlalu sering merevisi posting artikel akibatnya bisa jadi mengalami perubahan struktur indeks google, walau dalam konteksnya merevisi porsi artikel menjadi acuan keyword. Namun hanya sebagian kecil saja pengaruh terhadap masalah ini.
  10. Faktor Database. Database pada cpanel anda perlu ditengok apakah mengalami pembengkakan databasenya sehingga database menjadi overload. Atasi dengan penghapusan database bekas tiap 7 hari sekali agar sampah database tidak menumpuk.

Faktor lain seperti jaringan internet yang anda pakai memang lelet itu menjadi persoalan lain dari tema artikel ini. Faktor loading website wordpress anda lambat statis dikarenakan bukanlah jaringan internet yang sedang bermasalah. Hal kondisi tersebut dapat berubah-ubah sedangkan loading website bisa menjadi lambat statis (tetap) bila solusi ke 10 mengatasi lambatnya loading website tidak segera ditangani secara cepat.

Saran yang bijak perlu diikuti

Terkadang saran yang memberikan masukan untuk perubahan loading website menjadi cepat kurang mendapat perhatian khusunya bagi pemilik website. Namun pada akhirnya ketika website kurang diperhatikan dari berbagai faktor maka website akan mengalami penurunan drastis. Minimnya pengunjung ke website anda karena faktor salah satunya loading website lambat.

Hampir semua orang menyukai hal yang cepat dalam suatu proses t ermasuk proses loadihg website ketika seseorang atau beberapa orang di berbagai dunia membuka sebuah website. Jika loadingnya cepat si pengungjung akan mencoba melihat-lihat isi konten website anda. Namun jika pengunjung membuka website saja  loading lambat maka sangat jarang orang bersabar menunggunya.

Bijaklah dalam penggunaan theme wordpress untuk tidak sering berganti-ganti theme, demikian pula dalam menggunakan plugin agar dapat mengontrol plugin wordpress apa saja yang perlu dipakai. Jangan malas untuk melakukan maintenance sesuatu bisa saja terjadi pada website jika pemilik website jarang menongok perkembangan website secara berkala. Plugin theme hosting bisa penyebab loading website lambat menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Telah dibaca : 282 kali

admin_kencanaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *