Cara Membeli Komputer Gaming Berat

Cara Membeli Komputer Gaming Berat

Penggemar game dimana pun berada pasti menyukai dunia game komputer / PC apapun jenis gamenya baik itu Game Shooting, Game Arcade, Game Adventure yang pasti memerlukan kinerja komputer yang baik di kelasnya.

Game model saat ini memerlukan kinerja komputer yang tinggi dengan mewajibkan minimal syarat-syaratnya terpenuhi. Apa syarat-syarat minimal itu agar game yang hendak dimainkan berjalan dengan baik dan lancar? saya mencoba mengupas beberapa kriteria komputer agar dapat memainkan game kelas berat. Game Kelas berat yang dimaksud di sini adalah game yang meminta kinerja hardware komputer seperti prosessor, ram dan vga benar-benar masuk dalam kriteria komputer kelas Game.

Berikut saya sebutkan kriteria hardware komputer berbasis gaming kelas berat dan menengah yaitu :

  1. Kinerja Processor minimal Core2Duo, DualCore Haswell, Corei3 sandybridge, Corei3 Haswell, Corei5, Corei7 untuk produk Intel Processor.
  2. Kinerja Processor minimal AMD X2, AMD X3, AMD Opteron, AMD X4, AMD APU, AMD Buldozer, AMD FX untuk produk  AMD Processor.
  3. VGA (Video Graphic Adapter) urusan tekstur video graphic, render image, render motion picture untuk gaming berat tidak main-main. Gunakan VGA berbasis DDR4, DDR5 dengan bit VGA minimal 128 hingga 256 bit.
  4. Power Supply True Power untuk gaming. Untuk cara gampang mengetahui jenis PSU true power bisa dirasakan dengan berat atau ringan psu tersebut ketika dipegang dan diangkat. PSU ringan standar biasanya untuk komputer kelas office,  PSU dengan berat berisi komponen yang bekualitas dari jenis kabel, dan komponen elektronika. PSU ringan jenis kabel sedikit dan PSU tru power banyak cabang kabel-kabelnya. Ini jika dilihat secara kasat mata saja sudah kelihatan jenis power supplynya.
  5. Memory / Ram PC DDR3 atau DDR4 minimal Ram 4gb, 8gb hingga 32gb.
  6. Harddisk kapasitas besar dan teruji. Merek hardisk seperti Exceltor, Western Digital, Samsung, Seagate. Ukuran harddisk minimal 80gb, 320gb, 500gb hingga 4 terra

Untuk memainkan gaming kelas berat menengah dengan biaya ekonomis saya sarankan gunakan processor Intel DualCore Haswell. Kinerja DualCore Haswell hampir sama dengan kinerja Corei3 Haswell dengan beda tipis. Kemampuan DualCore Haswell diakui pengamat teknologi komputer melalui review resminya.

Contoh spesifikasi komputer gaming kelas berat sedang :

Processor : Intel DualCore Haswell seri G3250 / G3240 LGA 1150
Mainboard :H81 Chipset support Corei7  integrated VGA
Memory : DDR3 4gb
Hardisk : 500gb
VGA : onboard (integrated dengan mainboard H81 diatas)
DVDRW : optional
Casing : with True power new or 2nd (optional)
Keyboard + Mouse : Genius / Logitech
Speaker : optional
Layar monitor : minimal 19″ Viewsonic, Samsung, LG (LED/LCD) wide
OS :  Windows 7 (lebih stabil)
Untuk produk AMD processor
Processor : AMD Phenom X4, APU 4, APU 6
Mainboard : AM3 DDR3 ECS, Asus,
Memory : DDR3 4gb
Hardisk : 500gb (2nd)
VGA : DDR 4, DDR 5 dengan bit 256
DVDRW : optional
Casing : with True power new or 2nd (optional)
Keyboard + Mouse : Genius / Logitech
Speaker : optional
Layar monitor : minimal 19″ Viewsonic, Samsung, LG (LED/LCD) wide
OS :  Windows 7 (lebih stabil)
Dengan kriteria spesifikasi komputer diatas tersebut hanya memakan beaya kisaran 4 juta lebih sedikit.  Perpaduan hardware sengaja saya padukan kondisi baru dan kondisi bekas hal ini bertujuan untuk memakan biaya tidak cukup mahal. Dengan cara membeli komputer gaming berat yang bijaksana biaya dapat diminimalisir.
Untuk mendapatkan hardware 2nd seperti hardisk yang masih bagus perlu menggunakan tes software seperti yang sudah dibahas diartikel lain dalam web ini.
Game seperti PES 2016, PES 2015, PES 2013, MW3, Residence Evil 4, Assasin, Batlle Field III semua dimainkan dengan spesifikasi komputer di atas berjalan dengan lancar saja tanpa nge-lack  dengan VGA onboard. Untuk Produk spesifikasi Intel processor tadi.
Sebagian penggiat komputer takut akan membeli kondisi hardware yang bukan baru alias seken. Tidak semua harus membeli dengan seken hanya beberapa saja menurut saya seperti Hardisk, VGA kelas menengah ke atas kondisi seken bisa dipadukan dengan hardware baru lainnya.

Komputer Gaming Sesuai Anggaran

Untuk cara membeli komputer gaming berat anggaran dapat diatur sesuai kemampuan yang sediit dipaksakan. Namun jika termasuk penggiat gaming kelas berat dan fanatic tidak rela membeli hardware komputer seken dan lebih tertarik membeli semua kondisi baru.  Hal ini tentu saja akan memakan biaya besar.  Paket komputer gaming bisa mencapai menembus harga 7,10 hingga 17 juta hanya orang-orang “aneh dan berani “saja menurut saya mau mengeluarkan sejumlah uang tersebut.
Padahal jika mau sejumlah uang tersebut bisa dipotong untuk membeli keperluan hidup yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Tapi memang jika mampu dan tergolong kondisi keuangan lebih dari standar bagi saya itu sah-sah saja.
Seperti yang saya sebutkan tadi di atas untuk cara membeli komputer gaming Berat tidak harus semua peripheral / hardware harus baru dan tujuan ekonomispun  bisa dicapai. Semua itu pilihan dan pikiran serta pengalaman yang bisa menentukan tindak lanjut untuk mendapatkan komputer  gaming tanpa mengeluarkan beaya besar.

Telah dibaca : 593 kali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*