0

Cara Memperbaiki Hasil Print Patah-patah / Miring Ke Kiri Ke Kanan

Cara Memperbaiki Hasil Print Patah-Patah / Miring Ke Kiri Ke Kanan

Pertama-tama tentu berasal dari hasil print canon ip2770 ketika melakukan print terutama dokumen yang berbentuk tabel biasanya garis vertikalnya (berdiri) tidak lurus ke bawah melainkan nampak seperti patah-patah alias garis vertikalnya miring ke kiri dan ke kanan.

Solusinya:

  • Ganti kabel / pita encoder (persiapkan pita encoder canon ip2770 yang baru)
  • Yang menyebabkan hasil print berupa tabel terpatah-patah (anda bisa lihat gambar di halaman ini) dikarenakan pita encoder terkena cipratan tinta ketika proses print. Hasil cipratan tinta menutupi sensor pergerakan head printer yang melewati semua jalur pita encoder tersebut.
  • Copot aliran listrik kabel printer ip2770 serta kabel usb printnya
  • Buka kasing printer canon ip2770 yaitu membuka sekrup bagian depan sebelah kiri dan kanan, kemudian bagian atas berlubang sebelah kiri dan kanan (dekat tombol on-off) serta menekan garis pengencang bagian belakang dengan sebuah obeng minus.
  • Setelah terbuka kasing printer tersebut, copotlah pita encoder mulai dari sebelah kanan yang ujung pita encoder tinggal dicopot dari pengaitnya, lalu sebelah kirinya terdapat per kecil sebagai pengait ujung pita tinggal lepaskan pengait per kecil dan  tarik pita tersebut. Maka nampak proses penarikan pita melalui belakang tempat katrid alias head printer. Hafalkan cara memasang kembali supaya tidak ada kesulitan waktu akan melakukan pernggantiannya.
  • Ambilah pita encoder baru yang tadi sudah disiapkan, lalu pasang dengan memasukan ke bagian belakang tempat katrid (head printer) karena ada lubangnya lorong per segi kecil  tersendiri lalu kaitkan ujung pita encoder sebelah kanan pada tempatnya.
  • Tinggal mengaitkan ujung pita encoder sebalah kiri yang terdapat per kecilnya. Setelah terpasang baik dan sempurna, gerakan tempat katrid ke kiri dan ke kanan sebagai test pergerakan saja.
  • Pasang kasing printer dan cobalah melakukan print dokumen berbentuk tabel.
  • Semoga sukses.

Bila tidak terdapat pita encoder baru, cobalah setelah mencopot pita encoder yang bermasalah itu dan terdapat cipratan tinta mengenai pita lalu bersihkan dengan sabun / cairan lain yang dapat menghilangkan noda tinta di pita encoder tersebut.

Gambar Terkait Masalah dan Solusinya :

 

Gambar : Contoh hasil print tabel patah-patah / miring ke kiri ke kanan

Gambar :  hasil print tabel sesudah mengganti pita encoder

Hampir dipastikan kasus hasil print dokumen berupa tabel yang nampak patah-patah, miring ke kiri dan ke kanan solusinya 90% ada pada faktor pita encodernya. Selebihnya faktor hardware lain, seperti head printernya, atau katridnya.

Apabila kesulitan melakukan perggantian pita encodernya, anda bisa melihat video cara membuka kasing printer canon ip2770 dan sekaligus mengganti pita encodernya.

Penyebab Pita Encoder Rusak

1. Faktor cipratan tinta
2. Adanya kebocoran pada katrid
3. Terlalu banyak tinta yang masuk ke dalam katrid
4. Kurangnya maintenance / perawatan printer
5. Terlalu sering melakukan cleaning maupun deep cleaning

 

Jika kesulitan melakukan proses perbaikan kasus hasil print patah-patah ini, silahkan bawa printer ke tempat service terdekat.

Namun tidak semua tempat service printer berbicara apa adanya bisa jadi adanya tambahan kasus lain. Lebih baik mencoba mandiri sekaligus belajar walaupun jika gagal harus akhirnya dibawa ke tempat service printer.

Artikel ini bermanfaat bagi saya sendiri khususnya dan pada umumnya siapa saja yang pernah atau sedang mengalami kasus yang sama masalah hasil print patah-patah / miring ke kiri ke kanan. Mudah-mudahkan secuil informasi ini dapat memberikan solusi terbaik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan beri komentar sekitar cara memperbaiki hasil print patah-patah / miring ke kiri ke kanan printer canon ip2770 ini.

Telah dibaca : 4333 kali

admin_kencanaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *